Kompas TV nasional update corona

Menkes Budi: Semua Kasus Omicron di Indonesia Masuk dari Luar Negeri

Kompas.tv - 20 Desember 2021, 20:21 WIB
menkes-budi-semua-kasus-omicron-di-indonesia-masuk-dari-luar-negeri
Ilustrasi temuan kasus Covid-19 varian Omicron. (Sumber: iStockphoto/Thomas Faull)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, hingga saat ini kasus positif Covid-19 varian Omicron yang terdeteksi sepenuhnya berasal dari luar negeri.

Keterangan itu disampaikan oleh Menkes Budi Gunadi Sadikin pada Senin (20/12/2021).

“Di Indonesia kita sudah sampaikan bahwa ada office boy yang kena, nah sekarang kita sedang bisa mengonfirmasi bahwa tenaga kebersihan tersebut kenanya pada tanggal 8 Desember berasal dari pelaku perjalanan luar negeri, seorang wanita Indonesia yang datang pada tanggal 27 November dari Nigeria,” ujar Menkes Budi.

“Jadi sudah terbukti bahwa semua kasus yang ada di Indonesia adalah impor atau kasus yang masuk dari luar yang pertama datang dari Nigeria.”

Menkes Budi mengungkapkan, hingga saat ini meski Omicron sudah terdeteksi di Indonesia tetapi belum ada kabar penyebarannya.

Baca Juga: Iran Deteksi Kasus Omicron Pertama pada Warga yang Kembali dari UEA

“Alhamdulillah semua kasus terjadi dikarantina, bisa kita tangkap dikarantina, sampai saat ini belum ada yang menyebar keluar,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan RI kembali mendeteksi dua pasien terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron pada Jumat (17/12). Dengan demikian, hingga hari ini pasien Covid-19 varian Omicron bertambah menjadi tiga orang.

Keterangan itu disampaikan oleh Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Siti Nadia Tarmizi melalui pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta.

“Dua pasien terkonfirmasi terbaru adalah IKWJ (42) laki-laki, perjalanan dari Amerika Selatan serta M (50) laki-laki perjalanan dari Inggris. Saat ini keduanya sedang menjalani karantina di Wisma Atlet,” kata Nadia.

Dijelaskan Nadia, dua pasien dari pelaku perjalanan luar negeri terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron berdasarkan hasil pemeriksaan sampel dari lima kasus probable Omicron yang baru kembali dari luar negeri.

Terkait dengan temuan dua kasus baru Omicron, Nadia mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak melakukan perjalanan ke luar negeri terlebih dahulu.

Terlebih, dalam sejumlah hasil penelitian disebutkan laju penyebaran Omicron terbukti sangat cepat.

Baca Juga: Antisipasi Penularan Virus Omicron, Wagub DKI Minta Warga Tidak Bepergian Saat Natal

“Indonesia adalah salah satu negara paling aman dari COVID-19. Jika kita ke luar negeri, maka kita akan keluar dari zona aman menuju zona berbahaya,” ujar Nadia.

“Jika kembali, nanti akan berpotensi membawa Omicron ke Indonesia dan pastinya akan merusak situasi yang sudah kondusif ini,” tambah Nadia.

Seperti diketahui, lanjut Nadia, kasus Covid-19 di beberapa negara Eropa, Afrika dan Amerika, melonjak tajam mencapai rekor tertinggi seiring dengan menyebarnya varian Omicron.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x