Kompas TV nasional politik

Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Teratas, Prabowo Kedua, Puan Hanya 0,8 Persen

Kompas.tv - 20 Desember 2021, 20:03 WIB
survei-charta-politika-elektabilitas-ganjar-teratas-prabowo-kedua-puan-hanya-0-8-persen
Kolase foto Ganjar Pranowo, Puan Maharani dan Prabowo Subianto. (Sumber: Tribun Manado)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV - Lembaga Survei Charta Politika Indonesia melakukan survei terkait elektabilitas calon presiden (capres) kepada sejumlah tokoh yang digadang-gadang akan maju dalam perhelatan Pilpres 2024 mendatang.

Terdapat 23 nama capres yang diukur elektabilitas dalam survei yang dilakukan pada 29 November hingga 6 Desember 2021 lalu. 

Baca Juga: Survei: Gen Z dan Milenial Pilih Prabowo Subianto Jadi Presiden 2024

Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati urutan teratas dengan nilai elektabilitas sebesar 25,8 persen. Posisi kedua jatuh kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan nilai 22,3 persen. 

Selanjutnya, peringkat ketiga direbut oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan nilai 17,7 persen, ditempel Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebesar 5,4 persen, dan posisi kelima disabet oleh Menparekraf Sandiaga Uno dengan nilai 4 persen.

Kemudian, nama yang santer akan diusung oleh PDIP, yaitu Ketua DPR Puan Maharani nilai elektabilitasnya jauh di bawah Ganjar, yakni hanya 0,8 persen. 

"Sampai dengan periode survei dilakukan, Ganjar Pranowo menjadi pilihan tertinggi publik sebagai capres. Sementara pada urutan berikutnya, Prabowo Subianto menempel cukup ketat dalam simulasi banyak nama," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, dalam rilis hasil surveinya, Senin (20/12/2021). 

Baca Juga: Hasil Survei Capres 2024: Prabowo dan Ganjar Bersaing Ketat, Puan dan Airlangga Ada di Papan Bawah

Sebagai informasi, sampel dalam survei ini dipilih sepenuhnya secara acak (probability sampling) dengan menggunakan metode penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling). 

Selain itu, sampel juga memperhatikan urban/rural dan proporsi antara jumlah sampel dengan jumlah pemilih di setiap provinsi.

Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dengan margin of error + 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%.

Unit sampling primer survei (PSU) ini adalah desa/kelurahan dengan jumlah sampel masing-masing 10 orang di 120 desa/kelurahan yang tersebar di Indonesia.

Baca Juga: Hasil Survei Capres 2024 Versi Indopol: Prabowo Puncaki Elektabilitas, Ganjar Membayangi

Berikut rincian hasil Survei Charta Politika:

1. Ganjar Pranowo: 25,8 persen

2. Prabowo Subianto: 22,3 persen

3. Anies Baswedan: 17,7 persen 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x