Kompas TV nasional politik

Hasil Survei Capres 2024 Versi Indopol: Prabowo Puncaki Elektabilitas, Ganjar Membayangi

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 07:10 WIB
hasil-survei-capres-2024-versi-indopol-prabowo-puncaki-elektabilitas-ganjar-membayangi
Kolase Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. (Sumber: Tribun Manado)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indopol Survey and Consulting merilis hasil survei calon presiden Indonesia (capres) 2024 mendatang. Hasilnya Ketua Partai Gerindra dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memuncaki elektabilitas tertinggi dengan 17,24 persen.

Posisi puncak elektabilitas dibayangi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 17,15 persen. Selisihnya cukup tipis hanya 0,09 persen.

Sementara di posisi ketiga ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 13,58 persen. Diikuti oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan elektabilitas 5,73 persen. Posisi kelima ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan elektabilitas 5,28 persen.

Baca Juga: Hasil Survei: Ganjar Tertinggi Ditempel AHY, Prabowo Keluar dari 5 Besar

Survei itu dilakukan pada 17-19 November 2021 dengan melibatkan 1.230 responden. Margin of error pada laporan ini kurang lebih 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Indopol menyatakan menyodorkan 23 nama dalam pertanyaan semi terbuka ketika melakukan survei calon presiden 2024.

"Dalam pertanyaan semi terbuka, 23 nama yang disodorkan ke publik. Prabowo Subianto memiliki popularitas tertinggi dan sudah hampir maksimal (91,30 persen) dengan tingkat kedisukaan publik sebesar 72,28 persen dan akan dipilih sebesar 17,24 persen," dikutip dari keterangan Indopol tentang hasil survei, Minggu (12/12/2021).

Baca Juga: Survei Capres-Cawapres 2024: Ganjar-Erick, Prabowo-Puan, atau Anies-Sandi [ Opini Budiman ]

Terdapat empat poin utama yang dapat disimpulkan dari dinamika elektoral yang terbaca dari hasil survei tersebut.

Pertama, faktor figur pemimpin lebih kuat ketimbang faktor partai politik. Kedua, Prabowo, Ganjar, dan Anies adalah figur yang memiliki faktor dominan dalam elektabilitas.

Ketiga, figur utama dapat meraih elektabilitas jika ditempatkan sebagai capres. Keempat, jika ketiga figur itu dipasangkan, dipastikan mereka akan memenangi seluruh level pemilihan. Misal, Prabowo-Anies, Prabowo-Ganjar, Ganjar-Anies, atau Anies-Ganjar.

Baca Juga: Puan Maharani Dideklarasikan Gema Puan Blitar sebagai Calon Presiden 2024

Direktur Eksekutif Indopol Ratno Sulistiyanto mengatakan sumber dana survei dari anggaran mandiri dan menjalin kerja sama dengan sejumlah kampus. 

"Kami memberi reward ke mahasiswa/surveyor bisa lebih murah dari biasanya survei dilakukan. Sehingga biaya mandiri yang kami keluarkan relatif murah," kata Ratno dikutip dari Kompas.com, Minggu (12/12).

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x