Kompas TV olahraga kompas sport

Indonesia vs Malaysia, Jangan Ulang Kegagalan di Piala AFF 2012!

Kompas.tv - 19 Desember 2021, 18:49 WIB
indonesia-vs-malaysia-jangan-ulang-kegagalan-di-piala-aff-2012
Timnas Indonesia dituntut tak ulang kesalahan pada Piala AFF 2012 saat menghadapi Malaysia di pertandingan terakhir penyisihan grup B Piala AFF 2020, Minggu (19/12/2021). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia akan menghadap laga hidup mati melawan Malaysia di pertandingan terakhir penyisihan grup B Piala AFF 2020, Minggu (19/12/2021). 

Skuad Garuda sedikit mendapatkan keuntungan karena hanya butuh hasil imbang untuk memastikan satu tempat di semifinal.

Sementara bagi sang lawan, Malaysia, harus mampu menumbangkan Indonesia demi merebut posisi empat besar Piala AFF 2020.

Meski Indonesia berasa di posisi yang lebih baik, Evan Dimas dkk sama sekali tak boleh lengah menghadapi skuad Harimau Malaya. 

Kegagalan Timnas Indonesia pada Piala AFF 2012 harus dijadikan cerminan untuk tidak lagi membuat kesalahan yang sama.

Pada gelaran Piala AFF 2012 tersebut, terjadinya dualisme di kompetisi nasional membuat Nil Maizar, pelatih timnas saat itu, tak bisa memanggil para pemain terbaik. 

PSSI saat itu kemudian menyiasati dengan memanggil beberapa pemain keturunan Indonesia seperti Raphael Maitimo, Ronnie Cussell hingga Jhon Van Beukering. 

Timnas Indonesia memulai Piala AFF 2012 dengan hasil buruk setelah ditahan imbang 2-2 oleh Laos yang dianggap sebagai tim terlemah.

Namun Indonesia bangkit di laga kedua dengan mengalahkan Singapura dengan skor 1-0 lewat gol tunggal yang dicetak Andik Vermansah.

Di laga terakhir, Indonesia yang mengoleksi 4 poin, hanya butuh satu poin untuk mengamankan tiket semifinal saat menghadapi Malaysia.

Baca Juga: Piala AFF 2020: Media Asing Prediksi Timnas Indonesia bakal Bekuk Malaysia



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x