Kompas TV nasional hukum

Daftar 7 Kapolda yang Dimutasi Kapolri, Dua Diantaranya Bakal Pensiun

Kompas.tv - 19 Desember 2021, 07:26 WIB
daftar-7-kapolda-yang-dimutasi-kapolri-dua-diantaranya-bakal-pensiun
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat memimpin jalannya video conference dengan seluruh Kapolda di Indonesia dari ruang Pusdalsis Mabes Polri, Jakarta, Selasa (1/6/2021). Pada Jumat (17/12), Kapolri melakukan mutasi 7 kapolda. (Sumber: Divisi Humas Polri)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi di tubuh Polri. Tercatat, tujuh perwira Polri yang menjabat kapolda turut dimutasi.

Keputusan ini diteken dalam Surat telegram bernomor ST/2568/XII/KEP.2021 oleh Asisten SDM Kapolri, Irjen Wahyu Widada pada Jumat (17/12//2021).

Tertulis pada surat tersebut, mutasi pada sejumlah Kapolda dilakukan karena memasuki masa pensiun dan dalam rangka rotasi.

"Ya benar, proses mutasi secara alamiah yang pensiun dan tour of duty and tour of area serta penyegaran," Kepala Divisi Humas Polri Irjej Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Sabtu (18/12).

Diketahui, Kapolri menerbitkan empat surat telegram mutasi dan rotasi sejumlah pejabat tinggi (pati) dan penjabat menengah (pamen) di instansi Polri.

Total sebanyak 660 orang perwira Polri yang dirotasi dan mutasi.

Baca Juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Ganti 9 Kapolres di Jabodetabek, Berikut Daftar Namanya

Berikut daftar tujuh Kapolda yang dimutasi: 

1. Kapolda Bengkulu Irjen Pol Guntur Setyanto dimutasi dari jabatannya sebagai Perwira Tinggi Bareskrim Polri dalam rangka memasuki usia pensiun. Ia digantikan Irjen Pol Agung Wicaksono yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Irwasum Polri.

2. Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri dimutasi menjadi Pati Sahli Kapolri juga karena akan pensiun. Jabatannya diiisi Irjen Pol Lotharia Latif yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda NTT. 

3. Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif dimutasi pada jabatan baru menjadi Kapolda Maluku. Jabatan Kapolda NTT akan diisi oleh Brigjen Setyo Budiyanto yang sebelumnya menjabat Pati Bareskrim Polri dalam penugasan di KPK. 

4. Kapolda Kaltim Irjen Herry Rudolf Nahak dimutasi menjadi Kepala Sekolah Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kasespim Lemdiklat) Polri. Penggantinya yakni Irjen Imam Sugianto yang sebelumnya menjabat Asops Kapolri.

Baca Juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Pensiunkan Firli Bahuri dari Polri

5. Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi kini diangkat menjadi Asops Kapolri. Kapolda Riau kini dijabat oleh Irjen Pol Muhammad Iqbal yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda NTB.

6. Kapolda NTB yang baru adalah Brigjen Pol Djoko Poerwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri.

7. Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Remigius Sigid Tri dimutasi dari jabatannya menjadi Kepala Divisi Hukum Polri. Adapun penggantinya akan diisi oleh Irjen Suryanbodo Asmoro yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi Hukum Mabes Polri. 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x