Kompas TV nasional kriminal

Peran 4 Terduga Teroris yang Ditangkap di Batam, Galang Dana Lewat Lembaga Amal

Kompas.tv - 18 Desember 2021, 18:46 WIB
peran-4-terduga-teroris-yang-ditangkap-di-batam-galang-dana-lewat-lembaga-amal
Ilustrasi teroris (Sumber: Shutterstock.com)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polisi mengungkap peran empat terduga teroris yang ditangkap di Batam, Kepulauan Riau, bertugas menggalang dana untuk jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI).

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan mereka menggalang dana melalui salah satu lembaga amal milik JI.

"Pengumpulan dana itu melalui lembaga amal milik JI Syam Organizer," kata Ahmad Ramadhan, dikutip dari Antara, Sabtu (18/12/2021).

Ahmad menerangkan masing-masing tersangka memiliki tugas yang berbeda terkait dengan penggalangan dana dana tersebut.

Namun, empat terduga teroris itu seluruhnya punya keterikatan dengan Syam Organizer.

Empat inisial terduga teroris yang ditangkap oleh Densus 88 Antiteror di Batam, Kamis (16/12/201) lalu itu yakni AG, WF, YU, dan MU.

Baca juga: Densus 88 Tangkap 9 Orang Terduga Teroris di Sumut

Dari pemeriksaan awal terhadap YU, Tim Densus 88 memperoleh informasi bahwa yang bersangkutan menyerahkan uang rata-rata sekitar Rp100 juta ke kas Syam Organizer dalam bentuk tunai.

Sebanyak 50 persen dari total uang itu, kata Ahmad Ramadhan, kemudian dimasukkan dalam brankas khusus yang nantinya akan diberikan ke JI jika ada permintaan.

YU merupakan Ketua Syam Organizer periode 2018 - 2020. YU aktif mengikuti rapat kerja nasional (Rakernas) Syam Organizer pada tahun 2018 dan 2019 di Yogyakarta.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x