Kompas TV nasional berita utama

Kemenkes soal Dua Pasien Baru Omicron: Jangan ke Luar Negeri Dulu demi Kebaikan Bersama

Kompas.tv - 18 Desember 2021, 12:24 WIB
kemenkes-soal-dua-pasien-baru-omicron-jangan-ke-luar-negeri-dulu-demi-kebaikan-bersama
Ilustrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Kementerian Kesehatan kembali menegaskan kepada masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri. (Sumber: Antara)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan kembali menegaskan kepada masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri.

Hal tersebut disampaikan menyusul adanya dua kasus baru positif Omicron yang terjadi pada dua pasien dari luar negeri, Inggris dan Amerika Selatan.

Demikian Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmidzi, M.Epid dalam keterangannya, Sabtu (18/12/2021).

“Penting sekali bagi kita untuk saling menjaga orang-orang terdekat agar tidak tertular Covid-19, terlebih dengan adanya varian Omicron saat ini,” ucap Nadia.

“Jadi saya tegaskan kembali agar tidak berpergian ke luar negeri dahulu untuk kebaikan kita bersama,” tegasnya.

Baca Juga: Kemenkes Deteksi Dua Pasien Omicron Baru: Keduanya Jalani Karantina di Wisma Atlet

Nadia menuturkan, kasus Covid-19 akibat varian Omicron di beberapa negara Eropa, Afrika, dan Amerika saat ini melonjak tajam mencapai rekor tertinggi.

Sebab, varian Omicron memiliki daya tular lima kali lipat ketimbang varian Delta yang sempat mengakibatkan tertekannya fasilitas kesehatan pada Mei dan Juni lalu.   

“Indonesia adalah salah satu negara paling aman dari Covid-19. Jika kita keluar negeri, maka kita akan keluar dari zona aman menuju zona berbahaya,” katanya.

“Jika kembali, nanti akan berpotensi membawa Omicron ke Indonesia dan pastinya akan merusak situasi yang sudah kondusif ini,” tambah Nadia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Kesehatan kembali mendeteksi dua pasien terkonfirmasi varian Omicron.

Baca Juga: Satgas Covid-19: Lebih dari 2.000 Orang di Wisma Atlet Diperiksa terkait Varian Omicron

Nadia mengatakan, dua pasien tersebut positif Omicron berdasarkan hasil pemeriksaan sampel dari 5 kasus probable Omicron yang baru kembali dari luar negeri.

“Dua pasien terkonfirmasi terbaru adalah IKWJ, 42 tahun, laki-laki, perjalanan dari Amerika Selatan serta M, 50 tahun, laki-laki, perjalanan dari Inggris. Saat ini keduanya sedang menjalani karantina di Wisma Atlet,” ungkap Nadia.

Saat ini, kedua pasien baru yang terkonfirmasi Omicron telah menjalani karantina wajib 10 hari seusai kembali dari luar negeri.

Dengan bertambahnya dua pasien Omicron baru, maka hingga kini pasien Omicron yang terdeteksi menjadi 3 orang.

Pasien Omicron pertama terkonfirmasi pada Kamis lalu atas inisial N, seorang pekerja pembersih di Wisma Atlet Kemayoran.  

Temuan ini merupakan hasil pemeriksaan khusus SGTF yang dilakukan oleh Badan Litbang Kesehatan pada tanggal 14 dan 15 Desember lalu.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x