Kompas TV nasional peristiwa

BMKG Sebut Ada Potensi Kilat dan Angin Kencang di Jabodetabek Tiga Hari ke Depan

Kompas.tv - 17 Desember 2021, 19:55 WIB
bmkg-sebut-ada-potensi-kilat-dan-angin-kencang-di-jabodetabek-tiga-hari-ke-depan
Ilustrasi - Prakiraan BMKG, ada potensi kilat dan angin kencang disertai hujan deras yang akan terjadi dalam beberapa hari ke depan di wilayah Jabodetabek. (Sumber: scroll.in)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Prakirawan On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Muhammad Hakiki menyampaikan, ada potensi kilat dan angin kencang disertai hujan deras yang akan terjadi dalam beberapa hari ke depan di wilayah Jabodetabek.

Hal tersebut disebabkan oleh terbentuknya hujan konvektif akibat awan Cumulonimbus.

Oleh karena itu, BMKG mengingatkan kepada warga masyarakat untuk tetap berhati-hati jika kembali terjadi hujan deras dan memperingatkan adanya bencana hidrometeorologi.

“Untuk daerah Jabodetabek tiga hari mendatang melihat dari model resi cuaca dan analisa cuaca menunjukkan adanya hujan konvektif yang sifatnya ringan hingga sedang,” ujar Muhammad Hakiki, Jumat (17/12/2021), seperti yang disampaikan kepada Jurnalis KompasTV Elgeen Frydianto.

Baca Juga: Ancaman Cuaca Ekstrem Hari Ini Rabu 15 Desember, BMKG Beri Peringatan untuk Kabupaten dan Kota Ini

Kondisi tersebut akan terjadi sebagian besar untuk Jakarta wilayah Selatan-Timur, wilayah Tangerang Selatan, dan Bekasi. Untuk Depok dan sekitarnya dan Bogor hujan akan dominasi terjadi di siang hingga sore dan malam hari.

Kemudian untuk tanggal 19 hingga 20 diperkirakan cuaca akan cenderung lebih baik di mana potensi sebagian besar hanya terjadi di bagian Selatan.

“Peristiwa tersebut harus diperhatikan oleh masyarakat. Kami mengimbau jangan lupa membawa payung dan jas hujan ketika Anda beraktivitas,” tuturnya.  

Baca Juga: Perubahan Iklim Disebut Bisa Timbulkan Kerugian Negara Hingga Rp 115 Triliun

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x