Kompas TV olahraga kompas sport

Kronologi Elkan Baggott Jalani Karantina Mendadak Jelang Duel Indonesia vs Vietnam

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 06:28 WIB
kronologi-elkan-baggott-jalani-karantina-mendadak-jelang-duel-indonesia-vs-vietnam
PSSI mempertanyakan keputusan mendadak karantina Elkan Baggott jelang laga Indonesia vs Vietnam di Piala AFF. (Sumber: PSSI.org)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Tim Nasional (Timnas) Indonesia mendapatkan masalah pelik jelang melakoni pertandingan krusial kontra Vietnam di Piala AFF 2020. 

Bek Garuda yang bermain untuk klub Ipswich Town, Elkan Baggott secara mendadak harus menjalani karantina. 

Elkan diperintahkan menjalani karantina oleh Kementerian Kesehatan Singapura selama lima hari ke depan hingga 18 Desember 2021, akibat berada dalam satu pesawat dengan orang yang positif Covid-19. 

Padalah, duel Indonesia vs Vietnam akan dilangsungkan pada hari ini, Rabu (15/12/2021) malam WIB di Stadion Bishan, Singapura. 

1. Telat Gabung Skuad Indonesia di Singapura

Elkan Baggott diketahui baru bisa datang ke Singapura pada Rabu (8/12/2021) pekan lalu, setelah mendapatkan izin dari Ipswich Town.

Padahal, skuad Garuda sudah tiba di Singapura sejak Kamis (2/12). 

Akibatnya, bek tengah berusia 19 tahun harus absen dalam laga perdana Indonesia di Grup B Piala AFF kontra Kamboja (9/12). Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia sanggup menang dengan skor 4-2. 

Usai satu hari beristirahat, Elkan langsung berlatih dengan skuad utama Indonesia dan bisa langsung tampil pada laga kedua melawan Laos, Minggu (12/12). 

Kendati baru berlatih bersama skuad lainnya selama kurang dari tiga hari, Elkan sudah diturunkan oleh pelatih Shin Tae-yong dalam pertandingan melawan Laos. 

Sang pemain bertahan bermain selama kurang lebih 50 menit dan turut membantu Garuda menang 5-1 atas Laos. 

Baca Juga: Piala AFF: Elkan Baggott Dikabarkan Harus Menjalani Karantina, Shin Tae-yong Belum Mau Beri Jawaban

2. Dapat Surat dari Kementerian Kesehatan Singapura

Rumor Elkan harus menjalani karantina mulai bermunculan pada Selasa (14/12). Padahal, ternyata Elkan sudah mendapat surat perintah karantina dari Kementerian Kesehatan Singapura pada Senin (13/12) waktu setempat. 

Dalam surat perintah tersebut, Elkan harus menjalani masa karantina selama lima hari atau sampai hari Sabtu (18/12) mendatang. 

Alasannya, salah satu penumpang pesawat yang ditumpangi oleh Elkan Baggott terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

Salah satu staf KBRI Singapura bagian Koordinator Fungsi Pensosbud, Ratna Lestari mengonfirmasi kabar tersebut.

Ratna membenarkan bahwa Elkan harus menjalani karantina di hotel tempat skuad Timnas Indonesia menginap, Hotel Orchard. 

Namun, dari hasil tes terakhir, Elkan memang negatif Covid-19 dan tidak menjalani karantina pemulihan. 

“Saat ini yang bersangkutan (Elkan Baggott) mendapat status Quarantine Order (kewajiban karantina) selama lima hari,” kata Ratna dikutip dari BolaSport.com.

"(Kewajiban karantina) bukan untuk pemulihan. Namun, kewajiban karantina itu harus dipenuhi karena satu pesawat dengan yang positif Covid-19 ketika tiba di Singapura. Selama masa karantina tidak dapat keluar kamar."

Baca Juga: Piala AFF: KBRI Singapura Pastikan Elkan Baggott Harus Karantina 5 Hari Meski Negatif Covid-19



Sumber : Kompas.com, Bolasport.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x