Kompas TV regional hukum

Setelah Mengintai 4 Bulan, Densus 88 Tangkap 4 Terduga Teroris JI di Sumsel

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 12:18 WIB
setelah-mengintai-4-bulan-densus-88-tangkap-4-terduga-teroris-ji-di-sumsel
Ilustrasi petugas Densus 88 Antiteror Polri. Tim Densus 88 Antiteror Polri bakal menyelidiki temuan puluhan warga yang diduga terpapar ajaran NII di Garut, Jawa Barat. (Sumber: KOMPAS.com /ANDREAS LUKAS ALTOBELI)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Polda Sumatera Selatan (Sumsel) menyatakan Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror menangkap empat terduga teroris jaringan Jamaah Islamiah (JI) di lokasi terpisah di provinsi tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi, mengatakan keempat teroris yang ditangkap itu masing-masing berinisial AI, AR, FAS, dan EA.

Baca Juga: 2 Teroris JI yang Ditangkap Densus 88 di Luwu Timur Ternyata Sempat Rencanakan Perampokan

"Mereka ditangkap secara terpisah pada Senin (13/12/2021) di Kota Palembang dan Kabupaten Lubuk Linggau," kata Kombes Supriadi melalui keterangannya di Palembang, Sumsel, yang dikutip pada Selasa (14/12/2021).

Supriadi merinci penangkapan keempat terduga teroris tersebut. Terduga berinisial AI ditangkap di Jalan Lebung Permai, Kelurahan Talang Betutu, Kecamatan Alang-alang Lebar, Palembang sekitar pukul 06.55 WIB.

Terduga teroris FAS ditangkap di jalan Toman II Kelurahan Sako, Palembang pada pukul 12.27 WIB. Kemudian dilanjutkan penangkapan terduga teroris EK.

Baca Juga: Ketika Mantan Teroris Bertemu Para Korban, Duduk Berdampingan Saling Memaafkan

Sedangkan untuk terduga teroris AR ditangkap di Jalan Yos Sudarso Kelurahan Jawa Kanan Kecamatan Lubuk Linggau II Timur, Kabupaten Lubuk Linggau.

“Benar mereka diduga teroris Jaringan Islamiah Sumatera Selatan,” kata dia.

Menurut Supriadi, keempat terduga teroris tersebut merupakan hasil pengembangan dari penangkapan terduga teroris di Jakarta. 

Namun sebelum dilakukan penangkapan, kata Supriadi, keempat orang tersebut sudah diintai selama empat bulan lebih dulu oleh Densus 88.

Baca Juga: Sempat Tertunda, Sidang Munarman untuk Kasus Terorisme Digelar Terbuka Terbatas Hari Ini

“Masih perlu didalami lagi apakah ada rencana melaksanakan teror pada masa libur Natal dan Tahun Baru ini. Mereka langsung dibawa Densus 88 ke Jakarta,” ujar Supriadi.

Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Konbes Pol Ahmad Ramadhan membenarkan adanya penangkapan empat terduga teroris oleh Densus 88 Antiteror Polri di wilayah Sumatera Selatan.

"Benar telah ditangkap empat tersangka teroris di Sumsel," ujar Ramadhan.

Setelah dilakukan penangkapan, keempat terduga teroris itu dipastikan langsung dibawa ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga: Sidang Kasus Terorisme Munarman Ditunda, Ini Sebabnya!

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x