Kompas TV nasional agama

Klarifikasi Istri Ridwan Kamil, Bantah Tutupi Kasus Herry Wirawan

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 11:58 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Istri Ridwan Kamil angkat bicara ketika dituding sejumlah akun di media social abai pada kasus pemerkosaan Herry Wirawan pada 12 santriwati di Bandung.

Bunda Forum Anak Daerah Atalia Praratya Kamil menegaskan pihaknya tak berusaha menutup-nutupi.

“Saya tidak menutupi kasus ini dari media maupun publik. Tidak mengekspos bukan berarti menutupi. Sebagai Bunda Forum Anak Daerah Jabar, tugas saya memastikan para korban usia anak ini mendapat haknya dan mendapatkan perlindungan terbaik sesuai dengan UU Perlindungan Anak. Fokus pada solusi bukan sensasi.”tulis Atalia, Senin (13/12/2021).

Atalia khawatir gencarnya pemberitaan di media massa dan media sosial malah berusaha mencari identitas dan mendekati para korban-orang tuanya untuk menggali cerita mereka, mengusik kembali hidup mereka.

Baca Juga: Begini Kondisi Herry Wirawan Pemerkosa 12 Santriwati di Dalam Rutan

“Kita perlu perhatikan kondisi psikologis para korban dan orangtua mereka. Ada 5 korban yang belum sekolah dan 3 korban dikeluarkan dari sekolah karena diketahui telah memiliki anak. Kondisi mereka yang awalnya sudah mulai menerima keadaan, kini kembali cemas dan trauma. Bahkan ada yang ingin keluar dari sekolah dan pindah dari kampung halamannya.”tulis Atalia.

Ridwan Kamil juga mengunggah akun yang dengan sengaja memelintir berita tersebut dan membuat seolah-olah kasus pemerkosaan 12 Santriwati viral baru ada penanganan dari pemerintah.

“Kepada para pemilik akun @narkosun dkk, Seolah bertanya sambil menuliskan link berita tapi link beritanya tidak dibaca. Padahal di dalam link beritanya sudah jelas gercep respons yang dilakukan lengkap dengan tindakan hukumnya. Diamin kan pula oleh follower yang juga malas membaca berita dan langsung menyimpulkan. Kenapa? Karena niatnya mungkin tidak untuk mencari jawaban, namun menebar bensin framing bagi netizen yang malas cek dan ricek dan mudah salah tafsir oleh judul berita.”tulis Ridwan Kamil.

Video Editor: Faqih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x