Kompas TV tekno aplikasi

Cara Mudah Cek WhatsApp Diblokir atau Tidak

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 20:15 WIB
cara-mudah-cek-whatsapp-diblokir-atau-tidak
Seseorang mungkin memiliki berbagai alasan kenapa memutuskan memblokir suatu di kontaknya. Berikut cara mengecek apakah nomor WhatsApp atau WA Anda diblokir atau tidak. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - WhatsApp memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan pengguna untuk mengatur sendiri preferensi kontak yang dimilikinya. Salah satu yang kerap digunakan adalah fitur blokir.

Seseorang mungkin memiliki berbagai alasan hingga memutuskan memblokir suatu nomor di kontaknya. Berikut ciri-ciri nomor WhatsApp (WA) yang diblokir.

Salah satu tanda kontak WA yang diblokir adalah tidak bisa menerima pesan. Status pesan akan muncul dengan tanda centang satu, bukan centang dua yang merupakan tanda pesan terkirim.

Baca Juga: Cara Membuat Huruf Tebal, Miring, dan Bergaris di Whatsapp

Perhatikan status online atau last seen pengguna

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah nomor WA Anda diblokir adalah dengan memperhatikan status online atau last seen nomor kontak yang Anda curigai telah memblokir Anda.

Status itu biasanya akan menampilkan kapan terakhir kali kontak itu membuka WA. Jika status itu tidak terlihat, Anda bisa jadi diblokir oleh kontak tersebut.

Baca Juga: Fitur Disappearing Messages Secara Default Diluncurkan WhatsApp, Begini Penampakannya

Foto profil yang tak muncul

Indikasi lain dari pemblokiran adalah foto profil dari kontak tersebut tidak muncul. Namun, Anda perlu memastikan kembali apakah kontak itu sedang memasang foto profil atau tidak. 

WhatsApp diketahui memiliki fitur untuk menyembunyikan foto profil dari kontak yang tak disimpannya. Siapa tahu nomor Anda tak disimpan oleh kontak tersebut.

Baca Juga: Ini Cara Agar Data WhatsApp Tidak Penuhi Ruang Penyimpanan

Status pesan terkirim hanya centang satu

Coba perhatikan status pesan yang dikirim kepada kontak tersebut. Jika pesan Anda terkirim tetapi hanya memunculkan status centang satu, itu bisa jadi indikasi WA Anda diblokir kontak tersebut.

Namun, itu perlu ditilik kembali karena status centang satu bisa jadi akibat kontak tersebut sedang tak terhubung dengan WhatsApp karena masalah jaringan.

Baca Juga: WhatsApp Jajal Wajah Baru di Fitur Terakhir Dilihat, Bisa Sembunyikan untuk Kontak Tertentu

Panggilan tak masuk

Coba menelepon kontak tersebut melalui panggilan WA untuk mengetahui Anda diblokir atau tidak. Namun, sama seperti status pesan yang hanya centang satu, panggilan yang tidak masuk bisa juga dikarenakan kontak tersebut tidak terkoneksi ke WA karena masalah jaringan.

Itulah beberapa cara untuk mengecek apakah nomor WhatsApp Anda diblokir atau tidak.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x