Kompas TV tekno aplikasi

WhatsApp Jajal Wajah Baru di Fitur Terakhir Dilihat, Bisa Sembunyikan untuk Kontak Tertentu

Kompas.tv - 13 November 2021, 07:40 WIB
whatsapp-jajal-wajah-baru-di-fitur-terakhir-dilihat-bisa-sembunyikan-untuk-kontak-tertentu
Bocoran tampilan opsi baru di fitur Terakhir Dilihat alias Last Seen WhatsApp. (Sumber: WABetaInfo)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – WhatsApp berencana memberikan pembaruan pada fitur 'Terakhir Dilihat' alias 'Last Seen' kepada penggunanya.

Melansir Asianet News, Sabtu (13/11/2021), wajah baru fitur 'Terakhir Dilihat' ini nantinya memungkinkan penggunanya menyembunyikan status tersebut dari kontak tertentu.

Sebagai informasi, fitur 'Terakhir Dilihat' kini hanya tersedia dalam tiga opsi saja, yakni untuk Semua Orang, Kontak Saya, dan Tidak Anda.

Baca Juga: WhatsApp Dilaporkan Bikin Fitur Baru Bernama Communities, Grup dalam Grup

Menurut laporan dari GSMArena, perusahaan dari Meta (dahulu bernama Facebook-red) ini telah mengembangkan opsi baru tersebut selama beberapa bulan dan saat ini aktif dalam program beta.

Selain 'Terakhir Diliha't, opsi ini juga dikabarkan bakal tersedia untuk foto profil dan tentang info kontak WhatsApp.

Namun, penting diketahui apabila pengguna menonaktifkan opsi terakhir dilihat untuk kontak tertentu, pengguna juga tidak akan melihat informasi terakhir kontak tersebut. Konsep yang sama seperti sebelumnya.

Perusahaan akan segera membuatnya tersedia untuk semua pengguna beta sebelum akhirnya dapat digunakan versi WhatsApp publik.

Usaha WhatsApp ‘ngebut’ mengembangkan beberapa fiturnya ini memang telah diatur untuk memberikan lebih banyak fleksibilitas pada fiturnya, di tengah ketatnya persaingan aplikasi pesan instan.

Baca Juga: Segera Cek, Ini 49 Ponsel yang Tidak Bisa Lagi Pakai WhatsApp Mulai 1 November

Sementara itu, awal bulan ini WhatsApp juga tengah menjajal pembaruan lain yakni fitur 'Communities' yang memungkinkan admin grup memiliki kontrol lebih.

Menurut WABetaInfo, fitur 'Communities' ini nantinya memungkinkan admin menyambut pengguna baru melalui tautan undangan dan mengirim pesan ke anggota lain. Fitur ini digadang-gadang menjadi bentuk yang lebih sederhana dari WhatsApp Group.

Beberapa mengatakan bahwa fitur Communites ini hanya perubahan nama dari WhatsApp Group, sementara beberapa yang lain mengatakan bahwa fitur ini hanyalah tempat baru di mana admin memiliki kuasa lebih untuk mengontrol anggota grup.

Lewat fitur 'Communities', adminis juga dapat membuat grup dalam grup dan membuat kelompok-kelompok yang lebih kecil dalam grup besar. Mirip 'Discord Community'.



Sumber : Asianet News

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.