Kompas TV nasional politik

Mulan Jameela Diduga Tak Karantina di Wisma Atlet, Politikus Nasdem: Anggota DPR Setara Presiden

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 16:38 WIB
mulan-jameela-diduga-tak-karantina-di-wisma-atlet-politikus-nasdem-anggota-dpr-setara-presiden
Anggota DPR RI Hillary Brigitta Lasut (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota DPR RI Hillary Briggita Lasut membela Mulan Jameela yang diduga tak melakukan karantina di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, setelah melakukan perjalanan dari luar negeri. 

Menurut dia, status Mulan sebagai anggota DPR setara dengan Presiden, sehingga bila Mulan yang anggota Fraksi Gerindra itu ingin menjalani karantina di rumah tak melanggar undang-undang. 

"Dilihat dari sudut pandang hukum,  DPR itu setara presiden kalau dalam pembagian kekuasaan, tidak masuk akal dan tidak etis kalau presiden karantina di Istana Bogor terus DPR RI karantina di Wisma Atlet," kata Hillary dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas TV, Senin (13/12/2021). 

Baca Juga: Keluarga Ahmad Dhani Bantah Tidak Karantina, Pengacara : Bukti Ada di Aplikasi Peduli Lindungi

Ia menjelaskan, bila anggota DPR harus menjalani karantina di Wisma Atlet, nanti malah mendiskreditkan kesetaraan lembaga, apalagi DPR RI mengawasi kinerja presiden. 

"Presiden harus dikarantina di wisma juga apabila DPR dikarantina di Wisma Atlet dan tidak dimungkinkan di lapangan karena sambil karantina DPR dan Presiden dan jajaran tertinggi Yudikatif tetap dibebani tugas untuk melaksanakan tugas negara secara virtual," ujarnya. 

Politikus Partai Nasdem itu menyebut, kalau hanya eksekutif yang dapat perlakuan khusus, dan lembaga setara yang mengawasi kinerja Presiden dalam prakteknya tidak mendapat perlakuan yang setara, wibawa kelembagaan pengawas berpotensi kian dianggap lebih remeh. 

"Kalau wibawa kelembagaan tidak di jaga bagaimana bisa dihargai saat meminta pertanggungjawaban dari para mitra? Ingat wakil rakyat itu diberikan kepercayaan untuk mengawasi kinerja presiden dan kinerja yudikatif," ujarnya.

Politikus Nasdem ini mengomentari tudingan bahwa Ahmad Dhani dan istrinya beserta anggota keluarganya tak melakukan karantina seusai bepergian dari luar negeri.

Tudingan itu sudah dibantah Pengacara Musisi Ahmad Dhani, Ali Lubis dengan menyebut kabar yang beredar Ahmad Dhani dan keluarnya menolak karantina sebagai fitnah dan hoaks. 

Baca Juga: Adam Deni Dapat DM, Sebut Ahmad Dhani dan Keluarga Tak Karantina Sepulang dari Turki

“Tidak benar berita tersebut bahwasanya keluarga mereka tidak melakukan karantina,”tegas Pengacara keluarga Ahmad Dhani, Ali Lubis dalam video kepada Kompas TV, Senin (13/12/2021).

Dia menyatakan, Ahmad Dhani dan keluarga melakukan karantina setelah kembali ke Indonesia. Mereka, kata Lubis, mengikuti karantina sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kedua justru  mereka tidak pergi kemana-mana mereka langsung melakukan karantina sebagaimana ketentuan yang berlaku,” ujar Ali Lubis.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x