Kompas TV nasional politik

DPR Minta Pemerintah Relokasi Hunian Pengungsi Erupsi Gunung Semeru

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 15:34 WIB
dpr-minta-pemerintah-relokasi-hunian-pengungsi-erupsi-gunung-semeru
Kondisi rumah warga di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, usai diterjang awan panas guguran Gunung Semeru (Sumber: Kompas TV/Ant)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto meminta pemerintah mempercepat relokasi tempat tinggal para korban erupsi Gunung Semeru. Sebab, mayoritas pengungsi menyatakan trauma berat dan ingin direlokasi huniannya ke tempat yang lebih aman.

"Dari hasil dialog kami dengan beberapa pengungsi ketika bencana-bencana sebelumnya, biasanya kan pengungsi ini tidak mau direlokasi. Tapi ketika kita tadi berdialog dari tenda ke tenda warga minta direlokasi."

"Mereka trauma berat dan tidak sanggup lagi untuk kembali ke rumah mereka semula. Oleh karena itu harus disambut baik oleh pemerintah untuk segera membuatkan mereka hunian tetap. Intinya para stakeholder, baik itu BPNP, Kementerian PUPR, Perhutani dan lembaga lainnya semua harus kompak untuk menyelesaikan relokasi ini," kata Yandri, Senin (13/12/2021).

Baca Juga: 64 Korban Bencana Gunung Semeru Mengungsi di 2 Kecamatan di Jember

Politikus PAN ini menghimbau jangan sampai ini ditunda-tunda lagi, karena ke depan justru bisa menimbulkan banyak kendala baru. Jika terlalu lama, bisa jadi mereka merasa sudah merasa aman dan justru malah mau kembali lagi ketempat gunung disana yang sangat rawan ancaman dimasa yang akan datang.

"Oleh karena itu, mumpung mereka sedang semangatnya untuk relokasi, sesegera mungkin pemerintah untuk melakukan tindakan lebih nyata. Kami dari Komisi VIII DPR insyaAllah senin besok akan segera menggelar rapat dengan BNPB untuk menindaklanjuti usulan ini." 

"Saya minta kepada pemerintah, terutama Perhutani agar dengan penuh kerelaan secepat mungkin menyerahkan lahannya untuk para korban, sementara BNPB dengan dana siap pakai Insya Allah bisa menanggung hunian tetap," kata Yandri.

Baca Juga: Aliran Lahar Gunung Semeru Berubah Setelah Erupsi

Ia berharap seluruh warga di sana bisa cepat pulih kembali dan beraktivitas seperti biasanya. 

"Apalagi tadi diuraikan relawannya hampir setengah pengungsi, artinya Indonesia bisa dijadikan contoh dunia internasional dalam menghadapi kebencanaan. Mudah-mudahan kebersamaan kita ini bisa mempercepat laju recorvery dan rencana relokasi pengungsi," ujarnya.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x