Kompas TV regional berita daerah

64 Korban Bencana Gunung Semeru Mengungsi di 2 Kecamatan di Jember

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 14:12 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Puluhan korban bencana gunung semeru mengungsi hingga ke rumah warga yang tersebar di 2 Kecamatan di Kabupaten Jember Jawa Timur. Namun sayang mereka tidak melapor ke petugas sehingga belum terdata dengan baik.

Diperkirakan ada 64 pengungsi korban awan panas gunung semeru yang menempati rumah warga, yang tersebar di 9 Desa di 2 Kecamatan, yakni Jombang dan Kencong, Kabupaten Jember. Untuk di Kecamatan Kencong sejauh ini ada 33 orang, sedangkan di Kecamatan Jombang ada 31 orang.

Baca Juga: Pemerintah Desa Bantu Pencarian 2 Sopir Truk Asal Jember Hilang di Semeru

Salah satu pengungsi, yakni Eko, asal Dusun Kebonagung, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro saat ini mengungsi bersama 6 anggota keluarganya di rumah saudaranya, yang berada di Desa Sarimulyo Kecamatan Jombang, karena rumahnya terdampak awan panas semeru.

Sedangkan pengungsi lainnya, yakni Darmuji mengungsi bersama 22 anggota keluarganya dan tetangganya di rumah warga Desa Wonorejo Kecamatan Kencong. Ia mengungsi ke Jember, karena saat kejadian, ia menyelamatkan diri dengan menaiki truk pasir hingga terbawa ke Jember. Namun sayang, kebanyakan pengungsi belum melapor ke petugas, sehingga belum terdata dengan baik.

Jumlah pengungsi di Jember dipastikan terus bertambah, karena jajaran pemerintah di tingkat kecamatan masih melakukan pendataan. Data yang sudah terkumpul akan diserahkan ke Pemerintah Daerah Lumajang agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Warga dan Relawan Bersihkan Fasilitas Umum Terdampak Bencana Semeru

Dari data yang dirilis BNPB pada Kamis (9/12/2021), total ada 6.542 warga yang mengungsi di 125 titik, yakni di sejumlah titik Kabupaten Lumajang, Malang dan Blitar. Sedangkan untuk di Kabupaten Jember belum terdata. 

#Pengungsi #GunungSemeru #Jember #Jombang #Kencong



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x