Kompas TV nasional peristiwa

11 Daerah Ini Sudah Diizinkan Gelar Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun, Mana Saja?

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 11:44 WIB
11-daerah-ini-sudah-diizinkan-gelar-vaksinasi-covid-19-anak-usia-6-11-tahun-mana-saja
Ilustrasi. Daftar daerah yang akan melaksanakan vaksinasi covid-19 anak usia 6-11 tahun tahap pertama Banten hingga Sulawesi Utara. (Sumber: ANTARA/Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun akan dilakukan secara bertahap.

"Tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan cakupan vaksinasi Lansia di atas 60%," kata Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes dr. Maxi Rein Rondonuwu dalam siaran pers, Minggu (12/12/2021).

Menurut Maxi sampai saat ini sudah ada sebanyak 106 kabupaten/kota dan 11 provinsi yang sudah memenuhi kriteria tahap pertama.

Berikut ini daftar daerah yang akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun tahap pertama:

1. Banten
2. DI Yogyakarta
3. DKI Jakarta
4. Jawa Barat
5. Jawa Tengah
6. Jawa Timur
7. Kalimantan Timur
8. Kepulauan Riau
9. Nusa Tenggara Barat
10. Sulawesi Utara
11. Bali

Adapun vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun tahap pertama akan dimulai Selasa (14/12/2021).

Dengan jumlah sasaran mencapai 26,5 juta anak berdasarkan data sensus penduduk 2020.

Baca Juga: Anak Takut Disuntik? Ini Strategi Jitu Dari Psikolog untuk Orang Tua

Sementara itu vaksin yang digunakan untuk sementara ini adalah jenis Sinovac dan sudah punya Emergency Use Autorization (EUA).

Saat ini pemerintah memiliki stok sebanyak 6,4 juta dosis vaksin Sinovac yang akan digunakan hingga akhir Desember 2021. 

"Ada 6,4 juta dosis untuk Desember dan kemudian Januari 2022 akan ada tambahan vaksin Sinovac dari Dirjen Farmalkes dan sudah datang, sehingga ini (vaksinasi untuk anak) tidak akan putus," tuturnya. 

Lebih lanjut Maxi juga menyatakan bahwa Sinovac mulai tahun depan hanya akan digunakan untuk dosis anak.

"Ini menjadi catatan sehingga untuk vaksin non Sinovac akan diprioritaskan untuk sasaran selain anak usia 6 sampai 11 tahun," katanya.

Jumlah Suntikan dan Lokasi Vaksinasi Covid-19 Anak

Vaksinasi diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari. Sebelum pelaksanaan vaksinasi harus dilakukan skrining dengan menggunakan format standar oleh petugas vaksinasi. 

Penyuntikan vaksin dilakukan dengan intramuskular atau injeksi ke dalam otot tubuh di bagian lengan atas dengan dosis 0,5 mili.

Tempat pelaksanaan vaksinasi bisa dilakukan di Puskesmas, rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya baik pemerintah maupun swasta termasuk pos-pos pelayanan vaksinasi, dan sentra vaksinasi. 

"Termasuk yang kami harapkan pos pelayanan vaksinasi di sekolah atau satuan pendidikan lainnya, atau lembaga kesejahteraan sosial anak seperti panti asuhan," kata Maxi. 

Baca Juga: Siap-Siap, Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun Bakal Dimulai 14 Desember



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x