Kompas TV regional peristiwa

Waspada Awan Panas Guguran Gunung Merapi, Jarak Luncurnya 2.000 Meter ke Barat Daya

Kompas.tv - 12 Desember 2021, 13:47 WIB
waspada-awan-panas-guguran-gunung-merapi-jarak-luncurnya-2-000-meter-ke-barat-daya
Ilustrasi Gunung Merapi memuntahkan awan panas guguran. (Sumber: Dok. BPPTKG)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Gunung Merapi kembali meluncurkan awan panas guguran dengan jarak luncur sejauh 2.000 meter ke arah barat daya, Minggu (12/12/2021).

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada pukul 10.18 WIB.

"Awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo 27 mm dan durasi 158 detik," kata Hanik, dikutip dari Antara, Minggu.

Hanik menambahkan, saat Gunung Merapi memuntahkan awan panas guguran, angin di sekitarnya terpantau berhembus ke arah timur.

Baca Juga: Belajar dari Erupsi Semeru, Ganjar Peringatkan Warga Sekitar Gunung Merapi untuk Siaga

Sebelumnya, selama periode pengamatan mulai pukul 00.00 sampai 06.00 WIB, Gunung Merapi juga tercatat telah mengeluarkan guguran lava pijar sebanyak tiga kali dengan jarak luncur hingga 1.000 meter ke arah barat daya.

Pada periode itu, BPPTKG mencatat 43 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-15 mm dan durasi waktu 24-145 detik.

Selain itu, ada pula satu kali gempa fase banyak dengan amplitudo 2 mm selama 13 detik, tiga kali gempa fase banyak beramplitudo 2-6 mm selama 4-8 detik, serta satu kali gempa vulkanik dangkal beramplitudo 35 mm selama 11 detik.

Sebelumnya, pada periode 3-9 Desember 2021, BPPTKG pun melakukan pengamatan visual aktivitas vulkanik dan mencatat pertumbuhan kubah lava Gunung Merapi.

Baca Juga: Terjadi 40 Gempa Guguran di Gunung Merapi

Hasilnya, volume kubah lava Gunung Merapi di sisi barat daya tercatat sebesar 1.629.000 meter kubik, sementara kubah di tengah kawah ukuranya mencapai 3.007.000 meter kubik.

Hingga saat ini, dengan sejumlah catatan tadi, BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga.

Guguran lava dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan bisa berdampak ke wilayah sektor selatan hingga barat daya, meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Saat terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi diperkirakan dapat menjangkau daerah dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x