Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Kenali Ragam Warna yang Sarat Rasa Tenang dan Antistres, Ini Daftarnya!

Kompas.tv - 12 Desember 2021, 13:05 WIB
kenali-ragam-warna-yang-sarat-rasa-tenang-dan-antistres-ini-daftarnya
Ilustrasi penerapan psikologi warna pada desain interior. Kamar tidur sebagai ruang privat akan semakin terasa tenang jika menggunakan warna-warna yang dingin, contohnya biru. (Sumber: idea.grid.id)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Warna merupakan salah satu faktor penting dalam kenyamanan rumah, terutama untuk meredam suasana atau perasaan yang tidak diinginkan seperti stres.

Oleh sebab itu, pemilihan warna untuk hunia itu sebetulnya krusial, apalagi jika hendak menciptakan kesan ruang yang nyaman dan tenang.

Melansir Decor Tips, Minggu (12/12/2021), mata manusia adalah penerima banyak objek yang bersifat kromatisme atau kaya warna.

Jadi, apa yang masuk dalam pandangan mata akan memengaruhi perasaan orang itu, sehingga munculnya beberapa warna yang memang dapat memberi ketenangan dan menekan stres.

Baca Juga: Tips Merawat Tanaman Hias dalam Rumah selama Musim Hujan, Ada 5 Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Warna gelap

Warna-warna gelap menawarkan tampilan yang redup, tetapi akomodatif sehingga dapat menyampaikan ketenangan dan keseriusan secara langsung bagi ruangan.

Salah satu contoh warna gelap yang dapat digunakan untuk memberi ketenangan pada sebuah ruang adalah yang termasuk dalam rentang warna biru.

Baik nila maupun biru laut, keduanya termasuk yang mudah dipadukan dengan warna lain yang lebih netral.

Selain itu, warna hijau seperti hijau botol atau hijau pinus juga bisa menghasilkan suasana yang penuh dengan harapan dan ketenangan.

Ilustrasi desain interior dengan warna pink pastel yang pastinya akan memberikan kesan tenang bagi penghuninya. (Sumber: iStockphoto/wuttichaijangrab)

Baca Juga: Pastikan 5 Tanaman Ini Tak Ada di Rumah, Fengsui: Hadirkan Energi Negatif

2. Warna putih



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x