Kompas TV video sinau

Mulut Mengeluarkan Asap saat Cuaca Dingin, Kenapa ya?

Kompas.tv - 12 Desember 2021, 10:52 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Ketika berada di tempat yang bersuhu dingin, jika diperhatikan saat berbicara ada asap yang keluar dari mulut. Itu adalah udara napas, biasanya terjadi di pegunungan atau tempat yang bersalju. Umumnya ketika  pagi hari , saat cuaca masih dingin. Kemudian kita menghembuskan napas, maka dari mulut akan mengeluarkan asap. Kenapa bisa terjadi seperti itu? Melansir dari bobo.id mari simak bersama penjelasannya.

Waktu kita bernapas, menghidup oksigen di udara, lalu dibawa ke paru-paru. Tubuh kita akan mengeluarkan karbondioksida ke udara, setelah melalui proses pernapasan. Dalam tubuh kita suhunya hangat, jadi karbondioksida yang kita keluarkan juga hangat. Ketika karbondioksida bertemu udara dingin, gas itu akan berubah jadi cair. jadi, inilah  yang disebut dengan proses kondensasi atau pengembunan.

Nah, sebenarnya asap itu adalah cairan dari hasil pengembunan tadi. Bentuknya  asap karena, cairan itu tidak terkena benda padat jadi sifat cairnya tidak terlihat . Sama saat kita bernapas di depan cermin, asap itu akan berubah jadi titik-titik air, seperti embun waktu pagi hari yang dingin.  

Baca Juga: Waspada Sejak Dini! Tubuh Kirim Sinyal Gula Darah sedang Tinggi atau Rendah, Berikut Ciri-Cirinya

https://www.kompas.tv/article/240743/waspada-sejak-dini-tubuh-kirim-sinyal-gula-darah-sedang-tinggi-atau-rendah-berikut-ciri-cirinya 

Grafis: Arief Rahman 




Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x