Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Meski Keuangan Terganggu Pandemi, Angkasa Pura I Lunasi Pajak Bandara YIA Rp28 M sebelum Jatuh Tempo

Rabu, 8 Desember 2021 | 19:48 WIB
meski-keuangan-terganggu-pandemi-angkasa-pura-i-lunasi-pajak-bandara-yia-rp28-m-sebelum-jatuh-tempo
Kondisi penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo. Angkasa Pura I telah membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan(PBB-P2) Bandara Internasional Yogyakarta sebesar Rp 28,1 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pajak tersebut dibayarkan satu hari sebelum jatuh tempo pada Rabu, (8/12/2021). (Sumber: Kompas.tv/Ant)

KULON PROGO, KOMPAS.TV – Angkasa Pura I telah membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan(PBB-P2) Bandara Internasional Yogyakarta sebesar Rp28,1 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pajak tersebut dibayarkan satu hari sebelum jatuh tempo pada Rabu, (8/12/2021).

"Ketaatan pembayaran PBB-P2 merupakan bentuk komitmen AP I Bandara Internasional Yogyakarta untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan dan pengembangan Kabupaten Kulon Progo dan DIY," kata Pelaksana Tugas General Manager Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, Rabu (8/12/2021), seperti dikutip dari Antara.

Meski kondisi keuangan dan operasioanl perusahaan mengalami tekanan cukup besar oleh situasi pandemi Covid-19 yang menyebabkan penurunan jumlah pergerakan pesawat dan penumpang, Agus mengatakan, hal itu tidak menjadikan alasan untuk tidak memenuhi kewajiban perusahaan sebagai wajib pajak sesuai tenggat waktu yang ditentukan.

Diketahui, pada 2021, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta telah memberikan kontribusi lebih kurang Rp7 miliar. Kontribusi ini terdiri dari kontribusi langsung melalui pajak parkir Rp1,8 miliar pada Januari - (estimasi realisasi) Desember 2021, pajak penerangan jalan sebesar Rp1,5 miliar, dan penyaluran program tanggung jawab sosial dan lingkungan sebesar Rp2 miliar.

Baca Juga: Merugi karena Utang Rp35 Triliun, Berikut Sejarah dan Daftar Anak Usaha Angkasa Pura I

Kemudian, kontribusi tidak langsung melalui pajak daerah dari para mitra usaha di bandara, penyerapan tenaga kerja; dan ketertarikan investor di Kulon Progo.

Ke depan, AP I akan tetap terus berupaya fokus dalam memberikan pelayanan prima kepada pengguna jasa bandara baik penumpang maupun non penumpang.

Selain itu, lanjut Agus, keberadaan Bandara Internasional Yogyakarta  diharapkan mampu memberikan manfaat berkelanjutan pada daerah dan masyarakat di dalamnya, baik melalui tumbuhnya perekonomian, pengembangan destinasi, UMKM, maupun meningkatkan investasi.

Selain itu, beberapa kerja sama dan kolaborasi bersama dengan seluruh pemerintah daerah di wilayah DIY dan sekitarnya telah diwujudkan.

Dalam hal ini khususnya dalam mengupayakan pengembangan destinasi wisata, promosi seni dan budaya, kesempatan bagi pengembangan UMKM hingga peluang kesempatan kerja yang tidak hanya melibatkan instansi, namun juga melibatkan masyarakat secara langsung.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Antara



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Perjuangan 13 Murid Sd Ke Sekolah

Rabu, 26 Januari 2022 | 14:58 WIB
Berita Daerah

2 Warga Karawang Positif Omicron

Rabu, 26 Januari 2022 | 14:55 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
15:08
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19