Kompas TV regional berita daerah

Solusi Jokowi untuk Tangani Banjir di Sintang

Kompas.tv - 8 Desember 2021, 14:29 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

SINTANG, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Dalam kunjungan kerjanya, ia meninjau langsung penanganan jangka pendek musibah banjir yang melanda Sintang.

Saat ini pemerintah telah melakukan upaya jangka pendek untuk mengatasi banjir di Sintang. Upaya tersebut adalah dengan cara membangun tangul pengendali banjir yang berada di Kelurahan Ladang, Kabupaten Sintang.

Baca Juga: Kunjungan Kerja ke Sintang, Presiden Jokowi Resmikan Bandara Tebelian

Menurut Jokowi, penyebab banjir yang terjadi di Sintang adalah karena cuaca ekstrem dan curah hujan yang tinggi. Namun ada hal lain yang perlu diperbaiki, yaitu kerusakan daerah aliran sungai serta kerusakan daerah tangkapan hujan.

Pemerintah akan melakukan penanaman pohon dan penghutanan kembali daerah-daerah yang berada di sekitar Sungai Kapuas dan Sungai Melawi, sebagai rencana jangka panjang penanganan banjir. Hal ini diharapkan dapat mencegah banjir di Kabupaten Sintang di masa yang akan datang.

Selain mengecek penanganan banjir, dalam kesempatan kunjungan kerja di Sintang, Jokowi juga turut menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir. Bantuan tersebut berasal dari Kementerian Sosial.

Video editor: Febi Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x