Kompas TV regional agama

Polda Jabar Bongkar Sindikat Pembobol Kartu Prakerja

Kompas.tv - 8 Desember 2021, 12:26 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Polisi menangkap pelaku utama pembuatan kartu prakerja fiktif pelaku berinisial BY merupakan hacker yang menjebol data untuk mendapatkan nomor nik guna dijadikan kartu prakerja.

Inilah video detik detik saat anggota gabungan dari subdit satu indag dan siber ditreskrimsus polda jabar menggerebek sebuah hotel di kota bandung, yang di pakai tempat persembunyian para pelaku pembobolan dana pencairan kartu prakerja.

Dari lokasi kamar hotel petugas menangkap empat orang pelaku serta menyita berbagai barang bukti di antaranya buku tabungan dan ratusan simcard.

Polisi juga melakukan penangkapan terhadap satu pelaku lainnyayang merupakan otak dari pembobolan kartu prakerjadi samarinda.

Pengungkapan kasus pembobolan dana bantuan  pemerintah dalam pemulihan ekonomimelaui kartu prakerrja ini berawal dari patroli cyber ditreskrimsus polda jabar yang menemukan adanya dugaan pemalsuan  kartu prakerja.

Dari hasil pemeriksaanmodus yang dilakukan oleh pelakuyakni dengan membuat kartu prakerja secara fiktif data diambil dari data disdukcapil secara illegal.

Aksi ini telah dilakukan sejak tahun 2019dengan keuntungan satu bulan sebesar 500 juta rupiah total kerugian negara mencapai 18 miliar rupiah.

Saat inikelima pelaku masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut di mapolda jabarmereka dijerat dengan pasal berlapis dengan ancaman hukumam diatas 12 tahun penjara.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah :

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x