Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Ini Penyebab Penurunan Kondisi Kesehatan Saat Pergantian Musim dan Cara Mencegahnya

Kompas.tv - 8 Desember 2021, 10:52 WIB
ini-penyebab-penurunan-kondisi-kesehatan-saat-pergantian-musim-dan-cara-mencegahnya
Ilustrasi. Pergantian musim merupakan sesuatu yang pasti terjadi setiap tahun. Saat pergantian musim, tak jarang kondisi kesehatan seseorang menurun, bersin dan batuk.  (Sumber: PIXABAY)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Pergantian musim merupakan sesuatu yang pasti terjadi setiap tahun. Saat pergantian musim, tak jarang kondisi kesehatan seseorang menurun, bersin dan batuk.

Ahli pengobatan keluarga Neha Vyas, MD, menjelaskan penyebab perubahan cuaca memengaruhi kesehatan sesorang dan cara mencegahnya.

“Pertama, penting untuk membedakan bahwa perubahan suhu tidak membuat Anda sakit, tetapi perubahan kondisi cuaca dapat membuat Anda sakit,” kata Dr Vyas, seperti dilansir Cleveland Clinic.

Menurutnya, ada tiga faktor utama yang mendorong meningkatnya angka penyakit selama perubahan cuaca ini.

Baca Juga: Benarkah Memasukkan Bawang Putih ke Hidung Redakan PIlek? Ini Risikonya Kata Pakar

-Udara yang lebih kering: “Musim dingin berarti udara yang lebih dingin dan lebih kering yang mengeringkan selaput lendir dan memungkinkan virus masuk ke tubuh Anda lebih cepat,” kata Dr. Vyas. Retakan pada selaput lendir dapat memungkinkan virus tersebut mengendap dan mengakses tubuh Anda.

-Udara Dingin: “Ketika udara menjadi lebih dingin, itu melemahkan sistem kekebalan kita, membuat kita lebih rentan terhadap infeksi,” katanya.

-Paparan: Selain paparan udara dingin, ada juga paparan orang sakit lainnya. Dengan suhu musim dingin yang lebih dingin, kami berada di dalam ruangan untuk waktu yang lebih lama di sekitar lebih banyak orang, dan itu memberi banyak tempat makan bagi virus.

“Ada lebih banyak kuman di dalam ruangan dan ventilasi tidak sebaik berada di luar ruangan,” kata Dr. Vyas, “jadi ketika Anda berada di sekitar lebih banyak orang, virus lebih mudah menyebar.”

Musim dingin juga merupakan musim puncak bagi virus tertentu, terutama influenza, yang biasanya tidak bertahan hidup selama bulan-bulan hangat.

Cara mencegah penyakit saat cuaca berubah

Meskipun Anda tidak pernah dapat sepenuhnya mencegah diri Anda dari sakit, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri sendiri dan mengurangi kemungkinan penyakit.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x