Kompas TV regional peristiwa

PPKM Level 3 saat Nataru Batal, Gibran Tunggu Instruksi Lengkap dari Luhut

Kompas.tv - 7 Desember 2021, 20:22 WIB
ppkm-level-3-saat-nataru-batal-gibran-tunggu-instruksi-lengkap-dari-luhut
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memberikan tanggapan terkait pemerintah pusat yang membatalkan kebijakan PPKM Level 3 pada periode libur Nataru. (Sumber: Kompas TV/Ant/Aris Wasita)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Pemerintah telah memutuskan untuk membatalkan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku tengah menunggu instruksi lebih lanjut dari Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) yang juga Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Pandjaitan. 

Meski demikian, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengaku bahwa pemerintah kota tidak keberatan jika menjalankan ketentuan PPKM Level 3 selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Gibran juga menyampaikan, sudah menyiapkan terkait pengetatan aturan saat Nataru sejak jauh-jauh hari. Hal ini untuk mencegah lonjakan kasus penularan COVID-19.

"Enggak apa-apa (kalau tetap PPKM), kami mengamankan warga. Kami mengawal perintah dari pusat," kata Gibran di Solo, Selasa (7/12/2021). 

"Sudah tak (saya-red) siapkan jauh-jauh hari di surat edaran (SE), Namun kita tunggu lagi Pak Luhut seperti apa," lanjut Wali Kota Surakarta. 

Seperti diketahui, hingga saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta masih menjalankan ketentuan PPKM Level 2.

Sebab itu, Gibran mengaku jika PPKM level 3 batal diterapkan, Pemkot Surakarta siap melonggarkan aturan saat Nataru.

"Mungkin akan kami revisi dan longgarkan lagi. Intinya saya tidak ingin menyulitkan warga," tegas Gibran.

Baca Juga: PPKM Level 3 Dibatalkan, Pengusaha Gembira dan Optimistis Target Pertumbuhan Ekonomi Tercapai



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x