Kompas TV regional peristiwa

Video Air Laut Surut di Pantai Merak Banten Viral di Medsos, BMKG: Itu Hoaks

Kompas.tv - 7 Desember 2021, 19:52 WIB
video-air-laut-surut-di-pantai-merak-banten-viral-di-medsos-bmkg-itu-hoaks
Potongan video viral yang memberi informasi air laut di pantai Merak, Cilegon, Banten surut, Senin malam (6/12/2021). (Sumber: TribunBanten.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

BANTEN, KOMPAS.TV - Sebuah video yang diklaim memperlihatkan air laut di pantai Merak, Kota Cilegon, Banten surut, viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 24 detik tersebut terdengar suara pria yang melaporkan air laut di pantai Merak, Banten tiba-tiba surut. Perahu juga kandas lantaran susutnya air laut. 

Suara seorang pria tersebut juga meminta agar petugas piket tetap waspada dan tidak tidur untuk mengantisipasi fenomena tersebut. Video itu beredar luas pada Senin malam (6/12/2021).

Baca Juga: Cuaca Buruk, Kapal Ferry Di Pelabuhan Merak Sulit Bersandar

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan video air laut surut tersebut tidak benar alias hoaks.

Kasi Data dan Informasi BMKG Serang Tarjono memastikan video viral air laut surut di pantai Merak, Banten tersebut adalah informasi bohong alias hoaks. 

Dirinya juga telah meminta petugas memantau situasi pantai Merak untuk mengonfirmasi video tersebut. Hasil pemantauan air laut di pantai Merak, Banten kondisinya normal dan tidak surut. 

Pihaknya juga meminta masyarakat tidak panik dan tetap memantau informasi dari sumber resmi BMKG terkait fenomena alam dan prakiraan cuaca yang akan terjadi. 

Baca Juga: Peringatan Gelombang Tinggi BMKG, Selasa 7 Desember 2021: Jabar hingga Jateng Waspada

"Hoax itu. Masyarakat tetap waspada, tetapi tidak panik yang berlebihan, klarifikasi dan teliti jika mendapatkan informasi yang meragukan," ujar Tarjo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/12/2021).

Hal senada juga dilontarkan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x