Kompas TV regional update

Jokowi Akan Kunjungi Lumajang untuk Tinjau Kondisi Pasca Erupsi dan Tilik Korban Erupsi Semeru

Selasa, 7 Desember 2021 | 08:41 WIB

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Update terbaru tentang dampak erupsi Gunung Semeru, beberapa dari warga desa sekitar ataupun warga yang berada di Desa Penanggal ada yang memilih untuk tetap tinggal di pengungsian tepatnya di Kantor Desa, dan ada beberapa juga yang memilih untuk kembali kerumahnya.

Warga menilai, jarak antara Desa Penanggal dan lokasi erupsi agak jauh dan dirasa berada pada jarak aman, sehingga mereka memilih untuk tinggal di rumahnya masing-masing.

Tetapi warga sekitar juga menyampaikan bahwa jika nantinya ada himbauan dari petugas untuk ke pengungsian, tentunya warga akan mengikuti perintah tersebut.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dikabarkan akan mengunjungi Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, hari ini, Selasa (7/12/2021).

Jokowi akan melihat secara langsung kondisi terkini Lumajang pasca-erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) lalu.

Demikian Kepala Staf Presiden, Heru Budi Hartono dalam keterangan singkatnya melalui video yang diterima KOMPAS TV, Senin (6/12/2021).

Baca Juga: Update Terbaru Suasana Pagi di Pengungsian Korban Erupsi Semeru, Hingga Proses Pencarian Korban

Di Lumajang, Presiden Jokowi akan meninjau sejumlah titik-titik lokasi yang menjadi posko bagi masyarakat terdampak erupsi Semeru.

Selain itu, Presiden Jokowi juga akan menemui langsung masyarakat yang dirawat di rumah sakit akibat terkena panas erupsi.

Sementara, Anggota Sat Brimob Polda Jawa Timur melakukan patroli untuk menjamin keamanan barang berharga milik warga yang mengungsi karena terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Patroli juga dilakukan untuk mengantisipasi warga yang nekat kembali kerumahnya.

Dengan menyusuri rumah-rumah warga yang kosong setelah ditinggal pemiliknya karena mengungsi pasca eruspsi Gunung Semeru, anggota Sat brimob Polda Jawa Timur melakukan patroli.

Melalui patroli ini, petugas ingin memastikan keamanan rumah warga yang berisi barang-barang berharga yang tidak sempat dibawa saat terjadinya erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12.2021) sore, karena warga panik menyelamatkan diri.

Baca Juga: Pencarian Dihentikan Sementara, Tim SAR Berupaya Tembus Medan Endapan Vulkanik Namun Gagal

Penulis : Shinta Milenia

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Warga Ramai Berburu Hampers Imlek

Kamis, 27 Januari 2022 | 16:10 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:13
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19