Kompas TV internasional kompas dunia

Museum Nasional Kabul Kembali Dibuka, Tentara Taliban Jadi Pengunjung Paling Antusias

Selasa, 7 Desember 2021 | 08:00 WIB
museum-nasional-kabul-kembali-dibuka-tentara-taliban-jadi-pengunjung-paling-antusias
Gerilyawan Taliban Mansoor Zulfiqar, 29, mengunjungi Museum Nasional Afghanistan, di Kabul, Senin, 6 Desember 2021. Museum nasional Afghanistan kembali dibuka untuk umum dan gerilyawan Taliban terlihat menjadi kelompok pengunjung yang paling antusias memperhatikan koleksi museum. (Sumber: AP Photo/Petros Giannakouris)

KABUL, KOMPAS.TV - Museum nasional Afghanistan kembali dibuka untuk umum. Gerilyawan Taliban terlihat menjadi kelompok pengunjung yang paling antusias memperhatikan koleksi museum.

Padahal sebelumnya, mereka pernah menerobos masuk dan menghancurkan berbagai koleksi warisan nasional Afghanistan, seperti dilansir Associated Press, Selasa (06/12/2021).

Museum Nasional ini dibuka kembali lebih dari seminggu yang lalu untuk pertama kalinya sejak Taliban mengambil alih Afghanistan pada pertengahan Agustus di tengah penarikan pasukan AS dan NATO yang kacau balau.

Koleksi Museum Nasional Afghanistan yang terletak di Kabul barat daya, menyimpan dan mengkurasi artefak dari periode Paleolitik hingga abad ke-20.

Direkturnya, Mohammad Fahim Rahimi, dan stafnya sejauh ini mendapat izin melanjutkan posisi mereka meskipun seperti banyak pegawai negeri Afghanistan, mereka belum menerima gaji sejak Agustus.

Hanya penjaga keamanan yang berubah, kata Rahimi, dengan Taliban sekarang menggantikan kontingen polisi yang dulu menjaga gedung dan menyediakan penjaga keamanan wanita untuk memeriksa pengunjung wanita. Saat ini sekitar 50-100 orang mengunjungi museum setiap hari.

Pemadaman listrik sering terjadi dan generator museum telah rusak, membuat banyak ruang pameran menjadi gelap gulita.

Hari Jumat (03/12/2021), anggota Taliban, beberapa memanggul senapan serbu di bahu mereka, termasuk di antara pengunjung yang menggunakan lampu ponsel mereka untuk mengintip ke dalam kotak pajangan keramik kuno dan senjata abad ke-18.

Baca Juga: Dikutuk Barat atas Dugaan Eksekusi Mantan Anggota Pasukan Afghanistan, Taliban: Itu Fitnah!

Seorang konservator bekerja di Museum Nasional Afghanistan, di Kabul, Senin 6 Desember 2021. Museum nasional Afghanistan kembali dibuka untuk umum dan gerilyawan Taliban terlihat  menjadi kelompok pengunjung yang paling antusias memperhatikan koleksi museum. (Sumber: AP Photo/Petros Giannakouris)

“Ini dari sejarah kuno kami, jadi kami datang untuk melihatnya,” kata gerilyawan Taliban Mansoor Zulfiqar, seorang pria berusia 29 tahun yang berasal dari Provinsi Khost di Afghanistan tenggara yang kini ditunjuk sebagai penjaga keamanan di Kementerian Dalam Negeri.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:27
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19