Kompas TV regional berita daerah

Penyandang Disabilitas Unjuk Kemampuan Dalam Pentas Seni

Kompas.tv - 6 Desember 2021, 16:46 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Ssedikitnya  29 seniman penyandang disabilitas pilihan terbaik dari sembilan kabupaten kota se-Bali mengikuti lomba seni tembang bali yang khusus diadakan di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Klungkung.

Selain fasih melantunkan tembang-tembang Bali, para penyandang disabilitas tuna netra, ini juga membaca dari huruf braille, yang tentunya memiliki kesulitan tersendiri.  

Menariknya, dengan teknologi suara, para penyandang disabilitas inipun mampu mengabadikan setiap moment perlombaan yang dinilai oleh tiga orang juri ini.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Klungkung, I Gusti Agung Putra Mahajaya mengatakan, lomba ini sengaja dilakukan untuk memberikan panggung seni kepada para penyandang disabilitas se-Bali. Selain itu lomba ini juga memberikan semangat dan memacu seniman penyandang disabilitas untuk terus berkreasi melestarikan seni dan budaya Bali.

Salah satu seniman disabilitas asal Buleleng yang ikut lomba, Komang Edi mengaku kesulitan saat membuat catatan berbahasa  Bali dengan hurup braille, utamanya tembang bali. Sehingga selain ditulis, juga harus hafal saat dilombakan.

Selain seniman yang berlomba, Dinas Sosial juga  mengundang secara khusus para penyandang disabilitas untuk menyaksikan perlombaan ini.

 

 

 

#seni #disabilitas #klungkung

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x