Kompas TV regional berita daerah

Waspada Fenomena La Nina Masih Berdampak Di Sorong Papua Barat

Kompas.tv - 5 Desember 2021, 14:54 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika menyebutkan bahwa saat ini wilayah di Papua Barat masih termasuk dampak fenomena La Nina, yang menyebabkan gelombong tinggi dan angin kecencang, sehingga perlu diwaspadai nelayan dan semua pengguna transportasi laut.

Dimana pada periode La Nina pemanasan permukaan laut di Samudera Pasifik, turut mempengaruhi pembentukan intensitas awan hujan, yang mana posisi wilayah Papua Barat berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik, sehingga sangat terdampak dari fenomena ini.

Secara regional di sebelah utara papua barat, terdapat siklon tropis yang merupakan pusat tekanan rendah, yang dapat memicu pergerakan awan yang kondisinya berdekatan langsung dengan wilayah Sorong Papua Barat sehingga menyebabkan sering terjadi hujan disertai angin kencang.

Hal ini juga berdampak pada kecepatan angin dan gelombang tinggi, khususnya di wilayah perairan Samudera Pasifik utara Papua Barat, dan perairan Raja Ampat bagian utara, sehingga perlu diwaspadai oleh semua pengguna transportasi laut.

Sementara nelayan yang seharinya beraktivitas di laut mengaku, sejauh ini tidak mendapatkan hambatan saat melaut, mereka dapat mencari ikan dengan aman, karena cuaca saat ini tidak berpengaruh terhadap aktivitas mereka saat melaut.

#SorongPapuaBarat #CuacaKabupatenSorong #DampakLaNina



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x