Kompas TV regional berita daerah

Wisata Kebun Durian, Sajikan Berbagai Jenis dan Olahan

Kompas.tv - 5 Desember 2021, 12:25 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Kebun durian Antap Sari di Desa Rajawetan, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, memang cukup jauh dari pusat Kota Brebes. Namun, perjalanan sejauh hampir enam puluh kilometer melewati perbukitan dari pusat Kota Brebes, akan terbayar saat menikmati legitnya durian monthong yang langsung dipetik dari kebun.

 

Berbeda dengan durian lain, durian montong Rajawetan memiliki daging yang tebal dan biji kecil. Sejumlah pengunjung mengaku, rasa dan tekstur durian yang seperti mentega berserat ini menjadi alasan berkunjung ke kebun durian Antap Sari.

 

Berbagai jenis durian seperti golden montong, montong, cane dan sitokong ada di kebun durian ini. Namun, karena kondisi cuaca yang tidak menentu, saat ini hanya satu jenis durian yang ada yakni durian monthong.

 

Selain menikmati legitnya durian, wisatawan juga bisa menikmati minuman olahan dari durian. Seperti sop durian, es krim durian, dalgona kopi durian hingga dalgona durian berbagai rasa seperti dalgona anggur, alpukat dan permen karet.

 

Salah seorang pengunjung mengatakan dalgona kopi durian dengan racikan kopi, krim dan durian menjadi menu minuman yang berbeda dengan minuman lainnya. Aroma kopi dan durian menurutnya sangat pas untuk dinikmati.

 

Kebun durian seluas dua belas hektar di ketinggian empat ratus lima puluh meter diatas permukaan laut ini selalu ramai saat akhir pekan. Khusus akhir akhir tahun harga durian monthong hanya hanya sembilan puluh ribu rupiah per kilo. Sedang harga untuk minuman olahan cukup terjangkau mulai lima ribu hingga lima belas ribu rupiah.

 

Kebun durian Antap Sari kini tengah mengembangkan varietas durian lain yakni musang king. Varietas tersebut dari Malaysia. Pengembangan kebun durian dengan berbagai varietas dari lokal maupun manca negara ini bertujuan untuk menarik minat para penikmat durian berkunjung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x