Kompas TV nasional politik

Survei IPO: Elektabilitas Prabowo Merosot, Sandiaga Uno Menteri Paling Disukai

Kompas.tv - 4 Desember 2021, 16:20 WIB
survei-ipo-elektabilitas-prabowo-merosot-sandiaga-uno-menteri-paling-disukai
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno kembali dijagokan menjadi kandidat terkuat dari Partai Gerindra untuk maju ke Pilpres 2024 mendatang. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) terbaru menyajikan data yang menarik terkait bursa kandidat peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Khususnya dalam kubu Partai Gerindra, terdapat dua kandidat dengan perkembangan elektabilitas yang saling bertolak belakang namun patut untuk diperhatikan.

Pertama, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang elektabilitasnya semakin merosot hingga hanya menyisakan angka 8,4 persen.

Dengan tingkat elektabilitas tersebut, Menteri Pertahanan tersebut kini berada di posisi ke-5 dari 30 nama yang dinominasikan sebagai bakal calon presiden untuk Pilpres 2024.

Baca Juga: Hasil Survei IPO: Tingkat Kepuasan Masyarakat pada Jokowi Turun, Kini Hanya 51 Persen

Sementara itu, pentolan Partai Gerindra yang lain, Sandiaga Uno justru berhasil merangsek naik ke urutan ke-2 pada nominasi tersebut dengan elektabilitas mencapai 13.8 persen.

Bahkan, dalam skema tokoh menteri yang paling disukai publik, Sandiaga Uno berhasil menduduki posisi puncak dengan nilai sebesar 86 persen.

Sedangkan, Prabowo berada di posisi ketiga dengan tingkat kesukaan publik sebesar 77 persen, di bawah Tri Rismaharini yang mampu mendapatkan angka 82 persen.

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah pun menuturkan, hasil survei tersebut membuktikan bahwa masyarakat mulai meninggalkan Prabowo dan lebih memilih Sandiaga Uno.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x