Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Benarkah Paduan Cuka Apel dan Rempah dapat Cegah Penyakit? Ini Kata Pakar

Kompas.tv - 4 Desember 2021, 05:15 WIB
benarkah-paduan-cuka-apel-dan-rempah-dapat-cegah-penyakit-ini-kata-pakar
Pernahkah mendengar tentang fire cider? Fire cider juga diksebut dengan sari api atau tonik api, berupa ramuan pedas yang terbuat dari sejumlah rempah-rempah. (Sumber: Cleveland Clinic)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV -  Pernahkah mendengar tentang fire cider? Fire cider juga disebut dengan sari api atau tonik api, berupa ramuan pedas yang terbuat dari sejumlah rempah-rempah.

Beberapa orang menyebut bahwa fire cider memiliki kemampuan untuk mencegah sejumlah penyakit.

Fire cider atau sari api adalah ramuan tajam yang terbuat dari cuka sari apel, bawang bombay, bawang putih dan lobak, terkadang dengan jeruk, jahe dan cabai.

Tapi apakah itu benar-benar bekerja? Ahli diet Beth Czerwony, MS, RD, CSOWM, LD, menjelaskan apa itu sari buah apel dan apakah patut dicoba.

Secara tradisional, tonik herbal adalah minuman obat dimaksudkan untuk menyegarkan dan membantu mendapatkan atau tetap sehat.

Tapi apa itu sari api? Minuman pedas ini memadukan bahan-bahan alami yang dikatakan memiliki sifat meningkatkan kekebalan tubuh.

Pemikirannya adalah ketika bahan-bahan sehat ini bersatu, mereka menciptakan semacam minuman super, minuman megasehat yang dapat mencegah penyakit.

Tapi ada masalah, yakni belum ada bukti bahwa itu berhasil.

“Tidak ada yang menunjukkan bahwa fire cider bermanfaat. Mode makanan seperti ini selalu diperbarui dan diubah sedikit untuk membuatnya terlihat lebih sensasional," kata Czerwony, seperti dilansir Cleveland Clinic.

"Tetapi intinya adalah mereka tidak benar-benar melakukan apa pun untuk Anda."

Sejumlah orang memuji sari api dan mengatakan bahwa itu dapat membangun sistem kekebalan yang sehat dan membantu menangkis penyakit, tetapi tidak ada penelitian untuk mengkonfirmasi kepercayaan itu.

Tak satu pun dari bahan dalam sari api telah terbukti memiliki kekuatan untuk mencegah penyakit.

“Banyak bahan telah terbukti memiliki manfaat kesehatan secara mandiri,” kata Czerwony,

“Tetapi tidak ada manfaat kesehatan yang lebih besar ketika kita menambahkan produk ini bersama-sama.”

Bahan-bahannya sendiri sehat dan, dengan demikian, mereka memiliki manfaat kesehatan. Tetapi Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat dari mengonsumsinya sendiri, daripada dalam racikan sari api.

Berikut manfaat dalam bahan-bahan fire cider

1. Cuka sari apel

Pada dasarnya adalah jus apel yang difermentasi dua kali, dianggap menurunkan gula darah, menenangkan refluks asam, dan meningkatkan penurunan berat badan, meskipun tidak ada cukup data untuk mengkonfirmasi klaim tersebut.

2. Bawang putih

Makanan super yang lezat dan berbau ini memiliki sifat anti-inflamasi dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular, di antara manfaat lainnya. Ini juga terkait dengan penurunan risiko kanker usus besar.

3. Jahe

Studi menunjukkan bahwa akar pedas ini sarat dengan vitamin C, magnesium dan potasium, dikaitkan dengan penghilang rasa sakit, pengurangan mual dan pengaturan gula darah.



Sumber : Cleveland Clinic


BERITA LAINNYA



Close Ads x