Kompas TV regional berita daerah

Kalsel Berstatus Siaga Darurat Bencana, Masyarakat Diimbau Waspada

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 18:04 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Seringnya terjadi bencana membuat masyarakat harus akrab bencana dalam artian memahami potensi kapan terjadi bencana dan siap dengan antisipasinya.

Di Kalimantan Selatan saat ini setidaknya telah dibentuk 22 desa siaga bencana  yang sebelumnya terdata sering mengalami bencana terutama banjir.

Baca Juga: Banjir HST, Petugas Jemput Bola Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Warga Terdampak

Pada januari 2021, sedikitnya 11 Kabupaten Kota di Kalimantan Selatan tergenang banjir dan di akhir november banjir terjadi di enam kabupaten dan satu kabupaten alami longsor.

Dengan potensi bencana yang masih mengancam selama musim hujan serta pengaruh La Nina warga diimbau terus siaga dan tidak panik serta mengikuti arahan petugas dalam kondisi evakuasi.

"Berkait prakiraan BMKG, mulai november sampai maret, kami imbau waspada, tetap sabar, tenang," tutur Kasi Perlindungan Sosial Bencana Alam Dinsos Kalsel, Ahmadi.

Baca Juga: Potensi Banjir Masih Mengancam Warga Kabupaten Banjar, Hujan Deras Sejumlah Kawasan Terendam

Sebelumnya  Gubernur Kalimantan Selatan telah  membuat surat keputusan tentang penetapan status siaga darurat  bencana  di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2021-2021.

Bencana yang berpotensi terjadi adalah banjir, tanah longsor, puting beliung dan gelombang pasang.

Status siaga darurat bencana ini mulai berlaku 15 november 2021 hingga 30 april 2022  berdasar prakiraan Badan Meteorologi dan Geofisika Stasiun Banjarbaru terkait curah hujan Kalsel pada periode tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x