Kompas TV religi beranda islami

Amalan Ringan yang Pahalanya Setara Ibadah Haji dan Umrah

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 15:42 WIB
amalan-ringan-yang-pahalanya-setara-ibadah-haji-dan-umrah
Ilustrasi seorang ibu dan anak. Ada amalan ringan yang pahalanya setara ibadah haji dan umrah (Sumber: Vania Raposo/Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap muslim haji mendambakan haji dan umrah. Namun, tidak semua orang mampu melaksankan. Entah karena kecukupan finansial maupun persoalan kondisi fisik.

Meski begitu, ada sebuah amalan ringan yang besar pahalanya setara ibadah haji dan umrah. Amalan yang begitu ringan ini jika sudah Anda lakukan dengan baik, bisa jadi sudah mendapatkan amalan yang begitu besar.

Amalan ringan ini dikisahkan sendiri oleh Rasulullah. Berkisah tentang seseorang yang ingin sekali berjihad, tapi tidak mampu untuk melakukannya. Kata Nabi, jika seseorang tidak mampu, bisa melakukan perkara ini, sebab pahalanya setara jihad, haji dan umrah. 

Jihad ini bisa bermakna banyak hal, mulai soal berdakwah dan mengajarkan kebaikan, hingga bekerja dengan giat menafkahi keluarga. Jadi, bukan melulu soal peperangan, sebab Rasulullah sendiri membenci kekerasan.

Lantas apakah perkara ringan itu?

Ternyata, amalan itu di rumah Anda sendiri dan itu adalah berbuat baik kepada orang tua, khususnya ibu yang mengandung dan mengasuh kita selama ini.

Baca Juga: Doa Selamat Dunia Akhirat yang Dianjurkan Para Ulama

Berbuat Baik kepada Ibu Berpahala Setara Haji dan Umrah

Berbuat baik kepada ibu berdasarkan informasi dari Nabi memiliki pahala yang besar, bahkan, jika seseorang melakukannya disediakan padahal sebesar haji dan umrah.

Hadis Nabi ini diriwayatkan oleh Thabrani, yang artinya di bawah ini:

“Ada seseorang yang mendatangi Rasululah SAW dan ia sangat ingin pergi berjihad namun tidak mampu. Rasulullah SAW bertanya padanya apakah salah satu dari kedua orang tuanya masih hidup. Ia jawab, ibunya masih hidup.  

Rasul pun berkata padanya, 'Bertakwalah pada Allah dengan berbuat baik pada ibumu. Jika engkau berbuat baik padanya, maka statusnya adalah seperti berhaji, berumrah dan berjihad'.” (HR. Ath-Thabrani)

Begitulah, berbuat baik kepada ibu dapat membuat pahala setara ibadah haji dan umrah. Semoga kita semua senantiasa bisa berbuat kepada ibu kita. Amin. Wallahu a’lam.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x