Kompas TV religi beranda islami

Doa Selamat Dunia Akhirat yang Dianjurkan Para Ulama

Kompas.tv - 27 November 2021, 12:34 WIB
doa-selamat-dunia-akhirat-yang-dianjurkan-para-ulama
Ilustrasi. Para ulama menganjurkan membaca doa ini agar kita selamat dunia akhirat. (Sumber: KELLEPICS/Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Para ulama (jumhur ulama) menganjurkan membaca doa ini agar selamat dunia akhirat. Doa ini merupakan salah satu doa yang paling sering dibaca oleh Nabi Muhammad SAW dalam hidup beliau.

Sebagai muslim, tentu saja menjadi wajib bagi kita untuk meminta perlindungan dari Allah SWT. Untuk merengkuh hal itu, ada upaya lahiriah dan batiniyah yang harusnya kita lakukan.

Secara lahiriyah dengan berbuat baik, dan batiniyah bisa dengan doa. 

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Sahih Bukhari dan merupakan hadis yang hasan, artinya hadis yang bisa dipercaya tingkat derajatnya, disebutkan tentang doa yang sering dipanjatkan Rasulullah.

Doa ini ini berisi tentang harapan agar diselamatkan oleh Allah SWT dari segala keburukan, baik di dunia maupun kelak ketika di akhirat.

Diriwayatkan dari sahabat Anas, ia berkata, "Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah 'Allahumma, atina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar.'" (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Bacaan Doa Al Quran agar Disegerakan Naik Haji atau Umrah

Nabi saja dalam hidupnya meminta perlindungan dari-Nya. Masa iya sebagai manusia biasa yang penuh dengan dosa, kita justru enggan meminta untuk diselamatkan dari kejahatan maupun keburukan di dunia dan di akhirat?

Untuk itulah, para ulama menganjurkan membaca doa ini. Doa ini sebaiknya dibaca seusai salat wajib maupun di waktu-waktu mustajab. Doa ini pun relatif singkat dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk membaca dan menghafalnya. 

Doa selamat dunia akhirat itu dalam tradisi muslim di Indonesia kerap disebut dengan doa sapu jagat. Doa yang singkat dan memiliki makna luas.

Baca Juga: Doa yang Diajarkan Rasulullah Kendalikan Nafsu yang Bergejolak

Doa agar Selamat Dunia Akhirat 

Bacaan doa sapu jagat agar mendapatkan kebaikan serta selamat di dunia dan akhirat. (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks latin: Rabbanaa, aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar

Artinya: "Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka."

Semoga kita bisa mengamalkan doa Nabi Muhammad yang dianjurkan para ulama ini, agar senantiasa mendapatkan keberkahan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Amin.

Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x