Kompas TV regional berita daerah

Nikmatnya Kuliner Langka Mangut Ikan Beong

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 14:59 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Jika biasanya kuliner mangut menggunakan bahan ikan manyung, namun berbeda dengan kuliner khas Borobudur yang satu ini. Makanan pedas dengan kuah santan ini berbahan dasar ikan beong, ikan yang hanya hidup di sepanjang perairan Sungai Progo Magelang.

Rumah Makan Sehati yang berada di Desa Kembang Limus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, memiliki menu spesial, yaitu mangut beong.

Satu porsi kepala mangut beong dihidangkan dengan nasi hangat, akan lebih mantap jika disandingkan dengan seporsi trancam, atau irisan sayur mentah yang ditabur parutan kelapa.

Tak hanya itu, bagi anda pecinta petai atau jengkol, rumah makan ini juga menyediakan sambal petai dan rendang jengkol.

Bagi anda pecinta masakan pedas, mangut beong bisa jadi pilihan, namun jika tidak suka pedas, maka bisa mencicipi gulai beong. Satu porsi mangut beong dibrandrol antara Rp 35 ribu hingga Rp 80 ribu.

Banyak penikmat yang datang dari berbagai daerah untuk bisa menikmati kuliner yang tergolong langka. Salah satunya dari Yogyakarta yang datang ke Magelang hanya karena penasaran ingin mencicipi nikmatnya mangut kepala beong yang pedas.

Ikan beong adalah ikan endemik yang hidup di sepanjang Sungai Progo, Magelang. Ikan ini memiliki daging yang tebal dan lembut. Ikan beong baru dapat dikonsumsi setelah usianya mencapai dua tahun.

Ikan beong merupakan ikan air tawar yang hidup liar, sehingga cara menangkapnya pun harus dipancing atau dipanah.

#magelang #borobudur #ikanbeong



 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x