Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Resmikan Dua Bendungan Besar di Jawa Timur

Kompas.tv - 30 November 2021, 22:37 WIB
Penulis : Edika ipelona

JAWA TIMUR, KOMPAS.TV - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan dua bendungan besar di Provinsi Jawa Timur, yakni Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro (30/11/2021). Presiden menyebut kedua bendungan besar ini siap digunakan dalam rangka memperkuat ketahanan pangan negara.

Selasa (30/11/2021) pagi, presiden bersama dengan rombongan bertolak menuju Provinsi Jawa Timur guna melakukan kunjungan kerja ke beberapa wilayah. Salah satunya ialah Kabupaten Trenggalek. Salah satu agenda presiden di Provinsi Jawa timur ialah meresmikan dua bendungan besar yakni Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek serta Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga: Usai Direvitalisasi, Jokowi Resmikan Pasar Pon Trenggalek

Bendungan Tugu yang dibangun dengan anggaran senilai 1,69 Triliun memiliki daya tampung 12 juta meter kubik yang mampu memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 hektar. Sementara Bendungan Gongseng memiliki daya tampung yang lebih besar yakni memiliki kapasitas sebesar 22 juta meter kubik dan dapat mengairi 6.200 hektar lahan.

Presiden menyatakan dua bendungan tersebut siap dimanfaatkan dalam rangka memperkuat ketahanan pangan negara. Dalam sambutannya, presiden juga berharap dua bendungan ini dapat meningkatkan aktifitas pertanian yang berujung pada meningkatnya pendapatan masyarakat.

Video Editor: Febi Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x