Kompas TV regional berita daerah

Tanggapi Globalisasi, UB Bentuk Prodi Jasa Makanan Halal dan Robotik

Sabtu, 27 November 2021 | 19:38 WIB

MALANG, KOMPAS.TV- Gelaran orasi ilmiah bertajuk “Globalization and Digitalization: Strategi BUMN Pasca Pandemi” diselenggarakan di Gedung Widyaloka oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Orasi ilmiah ini menghadirkan Menteri BUMN Erick Tohir sebagai pembicara. 

Erick Tohir menekankan tiga poin penting terkait tantangan yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia, yakni globalisasi yang akan terus terbuka, transformasi dan disrupsi digital, serta ketahanan kesehatan. Untuk mengatasi hal tersebut, Erick menuturkan perlunya sinergi yang harmonis dari berbagai pihak dalam rangka mengawal dan menghadapi tantangan tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Program Vokasi Universitas Brawijaya Unti Ludigdo yang mengatakan bahwa sebagai bentuk upaya menghadapi globalisasi dan digitalisasi, maka Universitas Brawijaya akan mengembangkan Program Pendidikan Vokasi menjadi fakultas. Nantinya, akan ada beberapa prodi baru diantaranya Bisnis Jasa Makanan Halal serta Robotika dan Artificial Intelligence bagi mahasiswa D-4 maupun sarjana terapan.

“Harapannya dengan menjadi fakultas, Vokasi akan semakin cepat berkembang sebagaimana yang diharapkan Rektor dan stakeholders lainnya. Apa yang disampaikan oleh Pak Menteri tadi sudah tercakup dalam pengembangan Vokasi”, ujar Unti.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Candra Fajri Ananda menjelaskan bahwa Universitas Brawijaya menjadi salah satu institusi pendidikan yang digandeng oleh BUMN untuk mewujudkan sinergitas dalam menghadapi globalisasi dan digitalisasi.

“Kita minta untuk agar kita dilibatkan, Pak Menteri positif menyanggupi sinergi antara Kementerian BUMN dan Universitas Brawijaya,” jelas Candra.

Acara orasi ilmiah ini ditutup dengan harapan Erick Tohir bagi Bangsa Indonesia sebagai pemilik pasar yang besar untuk tidak hanya menjadi konsumen, melainkan juga produsen. Hal ini dimaksudkan demi menstimulus dan mengembangkan perekonomian Indonesia di masa pandemi Covid-19.

#digitalisasi #globalisasi #universitasbrawijaya 
 

Penulis : KompasTV Malang

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:36
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19