Kompas TV regional berita daerah

Bucin, Pemuda Jual Perabot Rumah Ibunya Demi Pacar

Jumat, 26 November 2021 | 11:05 WIB

BANTUL, KOMPAS.TV - Beginilah kondisi rumah Ibu Paliyem yang isi rumahnya habis dikuras anakya sendiri. Parabotan rumah hingga daun pintu lenyap dijual anaknya, sementara genting yang sudah dicopot nyaris dijual. Pelaku mempreteli seluruh perabotan saat berada di rumah seorang diri, karena ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Sang ibu yang terlanjur sakit hati memilih jalur hukum untuk membuat anaknya jera.

"Ya karena perbuatannya sudah melampaui batas. Orangtua sudah mentok, aku tengok sudah tidak ada semuanya, terus aku pulang kemana. Genting saja sudah diturunin, kan tidak bisa aku memaafkan begitu saja. Aku juga harus tegas. Dia menjalani kayak gitu, dia harus juga menjalani hukumannya, biar dia sadar dan mengetahui," ujar Paliyem.

Tersangka yang mengaku mahasiswa UGM dan berprofesi sebagai pengemudi ojek daring ini ditangkap di rumah ibunya, di Srihardono, Pundong, Bantul, Yogyakarta. Kepada polisi tersangka mengaku tega menjual barang-barang milik ibunya, demi membelikan hadiah untuk kekasih yang baru dikenalnya sebulan lalu.

Saat ini polisi tengah mengupayakan mediasi antara ibu dan anak, agar kasus ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Polisi menyatakan tetap akan melanjutkan proses hukum jika ibu tersangka menolak mencabut laporan polisi. Namun jika dalam penyidikan, pelapor atau ibu tersangka berubah pikiran dan mencabut laporan, maka polisi akan menghentikan proses penyidikan, karena kasus ini merupakan delik aduan.

"Sampai sekarang totalnya hampir Rp 30-an juta kalo ditotalkan. Perabot yang di dalam rumah sudah habis semua, makanya orang tuanya tidak tahan lagi, ya sudahlah, anak durhaka ini harus dilaporkan," kata AKBP Ihsan, Kapolres Bantul.

Akibat perbuatannya, tersangka kini dijerat dengan Pasal 367 KUHP tentang pencurian dalam keluarga, dan terancam hukuman penjara paling lama lima tahun.

#bantul #polresbantul #ibulaporkananak

 

Penulis : KompasTV Jateng

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:17
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19