Kompas TV religi beranda islami

Waduh, Perbuatan Sepele Ini Bisa Hapus Pahala Ibadah Salat Jumat

Jumat, 26 November 2021 | 10:20 WIB
waduh-perbuatan-sepele-ini-bisa-hapus-pahala-ibadah-salat-jumat
Ilustrasi: umat Muslim menunaikan salat Jumat di Masjid Agung Al-Barkah, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat, (29/5/2020). Hindari perbuatan sepele di bawah ini saat jumat, bisa menghapus pahala salat jumat (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi laki-laki, hari Jumat adalah waktu wajib untuk salat Jumat. Tapi harus diperhatikan, ada perbuatan sepele yang bisa menghapus pahala ibadah di hari Jumat. Bagaimana bisa?

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah dikisahkan, Rasulullah memberi nasihat agar ketika khutbah Jumat baiknya kita diam, mendengarkan khutbah dengan seksama.

Rasulullah SAW bersabda, “Jika engkau berkata kepada temanmu ‘diamlah!’ di hari Jum’at, dalam keadaan imam sedang khutbah, maka engkau (shalat Jum’atmu) sia-sia.” (HR. Muslim)

Berdasarkan hadis itu, dapat diambil kesimpulan berkata ‘diam’ saja kepada orang lain sudah termasuk perbuatan sia-sia dalam ibadah jumat. Dapat menghapus pahala salat Jumat. Apa tidak rugi? 

Baca Juga: Waktu Mustajab Berdoa di hari Jumat Agar Keinginan dan Hajat Dikabulkan

Larangan Berbicara saat Ibadah Salat Jumat, Bisa Hapus Pahala

Dalam hadis lain juga disebutkan, Rasululllah mengingatkan para sahabat untuk tidak saling bicara ketika khutbah jumat. Menggantinya dengan sesuatu yang lebih berguna, seperti khusyuk mendengarkan isi khutbah dari khatib.

Rasulullah pun memberi analogi, mereka yang lebih memilih untuk tidak ‘berdiam diri’ ketika salat Jumat dengan istilah keledai yang menggendong bawaan. Sebuah analogi tentang kesia-kesiaan.

Siapa yang berbicara di hari jumat ketika imam sedang khutbah, maka dia seperti keledai yang menggendong barang bawaan. Sementara orang yang mengatakan ‘Diam’ maka tidak ada jumatan baginya.(HR. Ahmad).

Baca Juga: Perbanyak Zikir Ini di Hari Jumat, Dosa Sebanyak Buih di Lautan Bisa Terhapus

Itulah perbuatan sepele yang tidak disadari, ternyata bisa mengapus pahala ibadah salat jumat kita. Maka sebaiknya, sebagai muslim kita menghindari perbuatan ini. Baiknya ganti dengan kusyuk mendengarkan khutbah jumat yang berisi kebaikan-kebaikan dalam hidup ikita. 

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:23
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19