Kompas TV nasional sosial

Panglima TNI Bahas Soal Papua Saat Bertemu Menko Polhukam Mahfud MD

Kompas.tv - 26 November 2021, 07:00 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Seusai menggelar pertemuan dengan Menko Polhukam, Mahfud MD, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan akan mengunjungi Papua.

Jenderal Andika Perkasa mengatakan, menurut rencana, kunjungan dilakukan pekan depan. Dalam kunjungan di Papua ini, nantinya Panglima TNI akan melihat kondisi keamanan terkini, di daerah tersebut

Panglima TNI mengatakan penanganan keamanan di daerah tersebut akan dilakukan sesuai dengan dasar hukum yang telah dikeluarkan pemerintah.

Sementara Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, dalam penanganan Papua, pendekatan yang dilakukan salah satunya adalah pendekatan kesejahteraan.

Permintaan pemerintah untuk menangani Papua dengan pendekatan kesejahteraan. Juga diterapkan dalam penanganan kondisi keamanan di wilayah tersebut.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Dudung Abdurachman dalam kunjungannya ke Kodam Cendrawsih Jayapura Papua. Menegaskan lagi soal pendekatanan penanganan keamanan di Papua.

Baca Juga: Kontroversi KSAD TNI, KKB Papua Dirangkul atau Diperangi?

Dihadapan Prajurit dan Perwira TNI yang bertugas di Papua. Jenderal Dudung meminta prajuritnya untuk merangkul kelompok separatis teroris di Papua. Ia menilai anggota kelompok ini perlu diberi pemahaman soal pentingnya pembangunan di Papua. 

Jenderal Dudung juga mengatakan TNI akan melakukan pembinaan teritorial, seperti mengembangkan sistem pertanian. Termasuk melibatkan TNI dalam kegiatan di masyarakat seperti terlibat kegiatan belajar mengajar di pedalaman.

Pemerintah mengingatkan persoalan Papua termasuk penanganan keamanan di kawasan itu harus menggunakan pendekatan kesejahteraan dan meninggalkan pendekatan senjata.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x