Kompas TV nasional kesehatan

5 Penyakit Ini Sering Muncul di Musim Hujan, Pakar Jelaskan Cara Mengatasinya

Kompas.tv - 24 November 2021, 19:45 WIB
5-penyakit-ini-sering-muncul-di-musim-hujan-pakar-jelaskan-cara-mengatasinya
Ilustrasi banjir di musim hujan yang dapat menyebabkan penyakit musiman. (Sumber: Kompas TV/Bongga)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Indonesia telah mulai memasuki musim hujan. Bahkan, beberapa daerah mengalami cuaca ekstrem yang menyebabkan banjir, longsor dan penyakit-penyakit musiman.

Ada beberapa penyakit yang biasanya muncul di musim hujan. Epidemiolog UGM dr. Citra Indriani, M.P,H. membeberkan cara mengatasi penyakit-penyakit musiman itu.

Berikut 5 penyakit yang seing muncul di musim hujan dan cara mengatasinya, dikutip dari ugm.ac.id.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Gejala Kolesterol Tinggi yang Jarang Diketahui, Bisa Picu Beragam Penyakit

1. Demam Berdarah

Selain kondisi pandemi yang membuat masyarakat berhadapan dengan Covid-19, ada pula ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang meningkat saat musim hujan. 

“Ada potensi peningkatan kasus DBD saat musim hujan. Sebab, saat musim hujan terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk Aedes aegypti sehingga penularannya juga semakin tinggi,” jelas Citra Indriani, dikutip dari ugm.ac.id pada Rabu (24/11/2021).

Citra menyarankan masyarakat melakukan langkah 3 M, yaitu menguras, menutup, dan mengubur agar bisa mencegah DBD. Selain itu, ia merekomendasikan langkah lainnya seperti menggunakan lotion anti nyamuk dan kelambu guna menghindari gigitan nyamuk Aedes Aegypty. 

2. Leptospirosis

Leptospirosis adalah penyakit akibat bakteri dari kencing hewan, seperti tikus yang menyebar di air dan tanah. Citra menyebutkan leptospirosis juga menjadi penyakit yang banyak timbul saat musim penghujan, terutama di daerah yang banyak terdapat genangan air atau kondisi banjir. 

Masyarakat yang tinggal di kawasan rawan banjir perlu mewaspadai penyakit akibat bakteri leptospira ini. Bakteri leptosira dapat menginfeksi manusia lewat kulit, khususnya jika ada luka dan menyebabkan nyeri, demam tinggi hingga kulit menguning.

“Upayakan selalu menggunakan alas kaki agar terhindar dari leptospirosis,” ujar Citra.

Selain itu, Citra juga mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar tidak menjadi sarang tikus. Ia menyarankan pula membersihkan saluran-saluran air di sekitar rumah supaya tidak tersumbat dan menjadi genangan saat hujan. 



Sumber : ugm.ac.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x