Kompas TV video sinau

Wajib Tahu, Arti Cc pada Mesin Motor

Kompas.tv - 23 November 2021, 20:04 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Kita mungkin  pernah terlibat dalam pembicaraan mengenai tipe, model terbaru, desain, keawetan ,dan  cc sepeda motor. Apalagi ketika kita ingin membeli sepeda motor, baik yang baru atau yang bekas. Pasti butuh pilihan yang tepat, dan sesuai dengan kebutuhan kita, mulai dari kenyamanan, ketahanan, dan performa mesin yang bisa diandalkan untuk melibas jalanan.

Jika ingin hemat, pilih sepeda motor dengan cc kecil, 110 cc atau 125 cc. Bisa sepeda motor bebek, atau matic, terlepas dari pabrikan mana saja.  Kalau ingin performa yang mantap pilih cc yang besar. Seperti 150 cc, 250 cc, 500 cc, hingga ribuan cc. Motor transmisi otomatis atau matic pun juga sudah tersedia dalam beberapa tipe dengan cc 150 ke atas.

Tidak sedikit pemilik kendaraan yang belum paham arti dari cc dan kaitanyya dengan kinerja mesin. Menyadur Kompas.com, cc adalah singkatan dari cubical centimeter (centimeter kubik), cc  adalah volume ruang silinder pada  mesin.

Isi atau volume silinder ini menentukan jumlah gas yang masuk ke silinder ketika kendaraan melakukan langkah isap. Makin besar cc atau ukuran volume mesin. makin besar kapasitas udara yang masuk ke dalam mesin. Dengan konfigurasi ini, silinder sanggup  bergerak lebih jauh untuk membakar lebih banyak bahan bakar. Proses ini kemudian secara alami memproduksi daya dan torsi yang lebih bertenaga. 

Baca Juga: Polisi: Sindikat Copet Mandalika Bermodal, Beli Tiket Pesawat, Sewa Mobil, Hotel dan Ikut Nonton

https://www.kompas.tv/article/234911/polisi-sindikat-copet-mandalika-bermodal-beli-tiket-pesawat-sewa-mobil-hotel-dan-ikut-nonton 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x