Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Mantab, PTPN III Jual Teh Senilai Rp57 M ke Malaysia

Kompas.tv - 23 November 2021, 13:47 WIB
mantab-ptpn-iii-jual-teh-senilai-rp57-m-ke-malaysia
Ilustrasi kebun teh milik PT Perkebunan Nusantara. Holding perkebunan PTPN III berhasil menjual teh senilai Rp57 miliar ke Malaysia (23/11/2021). (Sumber: holding-perkebunan.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV- Holding perkebunan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III berhasil membukukan transaksi penjualan teh senilai 4 juta dollar AS atau Rp57 miliar pada gelaran Selangor International Expo Food and Beverage (SIE F&B) 2021.

Teh curah memang menjadi salah satu komoditas ekspor utama dari Indonesia ke Malaysia.

Data Departemen Statistik Malaysia menyebutkan, pada periode Januari–September 2021 total impor Malaysia untuk produk teh dari Indonesia sebesar RM 39,6 juta atau sekitar Rp134,8 miliar.

Nilai ini naik 8,25 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Angka tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara asal impor teh kedua setelah Tiongkok untuk Malaysia.

Baca Juga: Pakai UU HPP, Sri Mulyani Bisa Kejar Wajib Pajak di Luar Negeri

“Pada perioode Januari—September 2021 impor teh Malaysia naik 4,1 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Ini harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk terus meningkatkan penjualan teh Indonesia ke Malaysia,” kata Atase Perdagangan di Malaysia Deden Muhammad Fajar Shiddiq, dalam keterangan tertulisnya Selasa (23/11/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Manager Marketing Division PTPN III Holding Asep Barkah menyampaikan, Malaysia merupakan salah satu negara tujuan ekspor teh Indonesia.

“Volume ekspor teh curah (bulky) Indonesia ke Malaysia setiap tahun tercatat sekitar 8.500-9.500 ton. Pada SIE 2021 ini, kami berhasil mendapatkan 3 kontrak dengan nilai total sebesar 4 juta dollar AS dan tidak menutup kemungkinan transaksi akan terus bertambah karena proses penjajakan telah berhasil dilakukan,” tutur Asep.

Baca Juga: Mau Tabungan Cepat Terkumpul? Coba Tips Menabung ala K-Popers Ini

Asep melanjutkan, perdagangan teh secara global mengalami persaingan yang cukup kompetitif.

Berbagai negara lainnya seperti Kenya, Sri Lanka, dan India berupaya juga untuk memasuki pasar Malaysia yang masyarakatnya mempunyai tingkat konsumsi teh cukup tinggi.

“Namun demikian, teh Indonesia masih menjadi primadona bagi masyarakat Malaysia dengan karakter mutu dan rasa yang sesuai dengan selera pasar Malaysia,” ucap Asep.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x