Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

WSBK Usai, Para Penontonnya Kini Datangi Tempat Wisata Lombok

Senin, 22 November 2021 | 10:05 WIB
wsbk-usai-para-penontonnya-kini-datangi-tempat-wisata-lombok
Sejumlah wisatawan menonton atraksi Presean di Desa Wisata Sade, Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (14/10/2021). Para penonton World Super Bike (WSBK) tidak langsung pulang setelah ajang tersebut selesai. Mereka menyerbu sejumlah lokasi wisata di Lombok, salah satunya adalah desa wisata. (Sumber: Antara )

LOMBOK, KOMPAS.TV- Para penonton Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) kini mulai menyerbu objek wisata di Lombok. Wisata pasca WSBK ini  menjadi berkah bagi pedagang kecil, pemilik restoran dan penginapan di kawasan Mandalika.

Namun, Polda NTB tetap berupaya agar wisatawan tersebut tidak menciptakan kerumunan. Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto mengatakan, pihaknya rutin berpatroli untuk mengingatkan wisatawan menjaga protokol kesehatan.

"Penggunaan protokol kesehatan yang paling utama adalah penggunaan masker, dan tentu patroli rutin protokol kesehatan akan terus kami lakukan, tentunya dengan cara yang humanis dengan menegur dan kemudian memberikan masker kepada yang tidak menggunakan masker," kata Artanto kepada media, Senin (22/11/2021).

Polda NTB juga menyiagakan Polisi Pariwisata yang menggunakan seragam khusus. Tugas mereka membantu wisatawan yang membutuhkan informasi, sambil mengingatkan wisatawan yang belum menerapkan prokes.

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah MotoGP Maret 2022, Ini PR Sirkuit Mandalika

Selain wisata alam, desa wisata juga menjadi tujuan wisatawan. Dari data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispar) Lombok Tengah, ada sekitar 50 desa wisata yang siap menyambut pengunjung. Diantaranya adalah Desa Wisata Sade, Desa Wisata Ende, dan Desa Wisata Aik Berik.

Semua pengelola Desa Wisata telah dilatih dan diberikan pembinaan untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan dan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Efek domino dari IATC dan WSBK cukup terasa, wisatawan mulai berdatangan ke NTB, terbukti dengan meningkatnya aktifitas penerbangan di Bandara Internasional ZAM Lombok Tengah," tutur Artanto.

Berdasarkan catatan Bandara Internasional Lombok, pada Kamis (18/11) lalu ada 5.757 penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Internasional Lombok. Yaitu 3.449 penumpang yang berangkat dan 2.308 penumpang yang tiba. Sehingga total ada 5.757 penumpang.

Baca Juga: Ini Daftar UMP 2022, DKI Jakarta Masih Tertinggi, Ada Juga yang Tidak Naik

Di hari biasa, jumlah total penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Internasional Lombok hanya sekitar 4.000 orang.

Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

Sumber :



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:34
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19