Kompas TV nasional peristiwa

Jadi Tuan Rumah MotoGP Maret 2022, Ini PR Sirkuit Mandalika

Kompas.tv - 22 November 2021, 08:36 WIB
jadi-tuan-rumah-motogp-maret-2022-ini-pr-sirkuit-mandalika
Lintasan balap di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. Setelah ajang World Super Bike usai, Sirkuit Mandalika kini tengah bersiap untuk MotoGP 2022 (22/11/2021). (Sumber: Antara )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- World Super Bike (WSBK) 2021 di Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) baru saja usai. Tim Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) pun menyampaikan sejumlah catatan evaluasi sirkuit Mandalika.

Salah satunya adalah infrastruktur drainase yang tidak mampu menampung air secara optimal akibat curah hujan tinggi.

“Air menggenang di beberapa titik, namun bukan di lokasi yang vital yang dapat mengganggu jalannya pertandingan,” kata Tenaga Ahli Utama KSP Albertien Pirade dalam siaran persnya, dikutip Senin (22/11/2021).

Namun hal itu segera ditangani dengan adanya pompa PLN yang bisa menyedot air sehingga genangan air tidak mengganggu pasokan listrik.

Baca Juga: Bangganya Luhut, WSBK Mandalika Ditonton 1,6 Miliar Orang hingga Jadi Buah Bibir Seantero Negeri

“Kami melakukan verifikasi lapangan di posko PLN dan melihat sejauh ini PLN sudah menyiapkan pompa menyedot air sehingga asupan listrik tidak akan terganggu," ujar Albertien.

Menurut KSP, persoalan genangan air itu harus mampu ditangani dengan baik, karena Sirkuit Mandalika tengah bersiap menjadi tuan rumah MotoGP. Acara tersebut 5 kali lebih besar dari WSBK.

Tapi secara keseluruhan, Sirkuit Mandalika telah sukses menjadi tempat penyelenggaraan WSBK.

"Kami melihat event ini berhasil sesuai target pemerintah, penonton mencapai target 25.000 orang. Namun, untuk event yang lebih besar seperti MotoGP, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Dengan waktu persiapan yang singkat selama 3 bulan, KSP akan mendukung penuh proses perbaikannya," tutur Albertien.

Baca Juga: Songsong MotoGP dan F1, Menhub Mulai Siapkan Prasarana Transportasi Mandalika Usai WSBK 2021

Rencananya, MotoGP akan digelar di Mandalika pada Maret 2022. Penyelenggara WSBK dan MotoGP, DORNA Sport, kemarin juga sudah ikut meninjau Sirkuit Mandalika.

CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Ricky Baheramsjah mengatakan, pihak DORNA puas dengan kondisi Mandalika. Terutama pada jalur balap dan konfigurasi desain sirkuit.

"Memang ada beberapa catatan dari pihak DORNA, namun itu tidak menjadi masalah karena WSBK merupakan 'test event' untuk MotoGP. Namun DORNA Sport puas dengan sirkuitnya. Bahkan mulai besok MGPA dan DORNA Sport sudah langsung bekerja mempersiapkan penyelenggaraan MotoGP pada bulan Maret 2022," ungkap Ricky seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (22/11/2021).

Hujan deras yang mengguyur Mandalika membuat WSBK Race 1 batal digelar pada Sabtu (20/11). Pihak MGPA pun kemudian berdiskusi dengan Federason InternaSonale de Motocyclisme (FIM) pada Sabtu Malam dan kesimpulannya Sirkuit Mandalika memiliki daya serap air yang baik.

Baca Juga: Profil Toprak Razgatlioglu yang Hancurkan Impian Jonathan Rea di WSBK 2021

“Setelah kami berdiskusi dengan FIM pada Sabtu malam, saluran pembuangan air bekerja dengan baik. Satu-satunya masalah adalah hujan deras yang terjadi membuat visibilitas sangat buruk, itu kenapa kita memindahkan balapan dari hari Sabtu ke hari Minggu,” kata Ricky.

Sirkuit Mandalika bakal jadi venue balapan GP Indonesia yang rencananya akan digelar pada 20 Maret 2022, atau beberapa pekan setelah seri pembuka di Qatar pada 6 Maret 2022.

Selain masuk dalam kalender sementara, berdasarkan jadwal yang dikeluarkan oleh pihak MotoGP, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari 2022.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x