Kompas TV olahraga kompas sport

Ini 5 Aturan yang Wajib Anda Ketahui sebelum Nonton WSBK di Mandalika

Kompas.tv - 20 November 2021, 08:25 WIB
ini-5-aturan-yang-wajib-anda-ketahui-sebelum-nonton-wsbk-di-mandalika
Pembalap Kawasaki Racing Team Jonathan Rea optimistis meraih hasil bagus di balapan WSBK Mandalika. (Sumber: World Superbike)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Edy A. Putra

LOMBOK, KOMPAS.TV - Balapan pertama World Superbike (WSBK) Mandalika 2021 akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Sabtu (20/11/2021). 

Bagi Anda yang berniat menyaksikan secara langsung ajang balap motor tersebut, maka harus memperhatikan sejumlah regulasi dan aturan sebagai berikut:

1. Batasan Usia

Ketentuan pertama yang harus diperhatikan untuk bisa menyaksikan jalannya balap World Superbike di Sirkuit mandalika adalah batasan usia.
 
Syarat pertama harus memiliki tiket dan berusia 12 tahun ke atas.

2. Memperhatikan Protokol Kesehatan

Aturan protokol kesehatan ketat juga diterapkan di Mandalika. Penonton harus dua kali menerima vaksin Covid-19, menunjukkan hasil negatif swab antigen 1x24 jam atau PCR 3x24 jam melalui aplikasi PeduliLindungi, serta memindai QR Code ketika memasuki area sirkuit. 

Apabila penonton belum terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi, diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes swab antigen PCR dari rumah sakit atau klinik serta sertifikat vaksin dengan prosedur yang dikirim ke email terdaftar.

Baca Juga: Faktor X Sirkuit Mandalika yang Bisa Menyebabkan Balapan Tidak Tertebak

3. Tertib dan Memperhatikan Kebersihan 

Penonton diwajibkan duduk di kursi grand stand/tribun penonton yang sesuai dengan kategori tiket yang dibeli, tidak masuk ke area-area yang dibatasi atau dilarang aksesnya, serta menjaga kebersihan di area sirkuit dan sekitarnya.

4. Imbauan Alat Pelidung Diri

Penyelenggara mengimbau kepada penonton untuk membawa kacamata hitam, sunscreen, topi, dan jas hujan untuk mengantisipasi cuaca terik maupun hujan.

Kendati begitu, penonton tidak diperkenankan membawa payung, senjata atau benda berbahaya, drone, wadah kaca, tongkat selfie atau benda besi lainnya, benda atau cairan yang mudah terbakar, ransel atau tas besar, laser, minuman beralkohol, poster bendera maupun spanduk, terompet, serta makanan dan minuman dari luar. 

Apabila penonton membutuhkan makanan atau minuman, penonton dapat membelinya pada booth penyedia food and beverages yang tersedia di dekat masing-masing grand stand.

Baca Juga: Sepeda Listrik Buatan Lokal Jadi Kendaraan Operasional di WSBK Mandalika

5. Tidak Boleh Mengambil Gambar 

Terakhir, penonton juga tidak diperbolehkan untuk melakukan filming atau mengambil video, termasuk live video, dari segala penjuru atas area sirkuit dan track balap, menggunakan kamera profesional maupun handphone.

Ketentuan-ketentuan di atas diterapkan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) saat memasuki kawasan Sirkuit Mandalika demi menciptakan keamanan dan kenyamanan saat menonton. 

“Regulasi ini berlaku selama event WSBK dan IATC berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Seluruh syarat dan ketentuan ini perlu kami sampaikan semata demi keamanan dan kenyamanan penonton dalam menonton event," kata Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah dalam keterangan tertulisnya, dilansir dari Kompas.com, Jumat (19/11/2021).

Baca Juga: Faktor X Sirkuit Mandalika yang Bisa Menyebabkan Balapan Tidak Tertebak



Sumber : Kompas TV/kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x