Kompas TV olahraga kompas sport

Sepeda Listrik Buatan Lokal Jadi Kendaraan Operasional di WSBK Mandalika

Kompas.tv - 20 November 2021, 07:11 WIB
sepeda-listrik-buatan-lokal-jadi-kendaraan-operasional-di-wsbk-mandalika
Petugas PLN berpose dengan sepeda listrik Matric B dan sepeda motor listrik di Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (Sumber: Awaludin/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

MATARAM, KOMPAS.TV - Gelaran World Superbike (WSBK) di Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat akan memanfaatkan produk lokal sebagai kendaraan operasional seputar kelistrikan. Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menyiapkan sepeda listrik untuk gelaran pada 19-21 November tersebut.

Petugas PLN sendiri akan menjaga enam titik di area sirkuit Mandalika selama WSBK berlangsung. Untuk itu, kendaraan listrik diperlukan demi memudahkan akses.

"Untuk mempermudah akses antarlokasi, kami menggunakan moda transportasi kendaraan listrik, salah satunya Matric B, sepeda listrik hasil inovasi PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bima," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasiran kepada Antara, Jumat (19/11).

Menurut Lasiran, enam titik sirkuit yang harus dijaga petugas PLN adalah TV compound, medical center, race control, pit building, bright store, serta Gardu Hubung Mandalika.

Baca Juga: Tingkah Laku Unik Pembalap WSBK di Sirkuit Mandalika: dari Potong Rumput hingga Berendam di Ember

PLN telah menyiapkan tiga unit sepeda listrik Matric B serta tiga unit sepeda motor listrik sebagai kendaraan operasional.

Sepeda listrik Matric B dilaporkan berkapasitas baterai 48 VDC 10,4 mAH, mampu menempuh jarak 50 kilometer dalam sekali isi daya dengan kecepatan 40 kilometer per jam.

Menurut Lasiran, untuk pengembangan dan produksi sepeda listrik Matric B, PLN bekerja sama dengan Dinas Perindustrian NTB.

"PLN menggandeng dinas yang akan mengoptimalkan usaha kecil menengah untuk memproduksi Matric B. Harapannya tentu saja, Matric B dapat lebih ditingkatkan lagi, terutama untuk kualitas dan kenyamanan penggunanya,” katanya.

PLN sendiri menyiagakan 244 personel untuk menjaga sistem kelistrikan selama gelaran berlangsung di sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Saat Pembalap WSBK Menilai Sirkuit Mandalika: Aspalnya Kotor, Ada yang Terlepas

 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x