Kompas TV olahraga kompas sport

Tanpa Marc Marquez, Honda Mempersiapkan MotoGP 2022 'Seadanya'

Kompas.tv - 17 November 2021, 13:31 WIB
tanpa-marc-marquez-honda-mempersiapkan-motogp-2022-seadanya
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, pada hari pertama seri balap MotoGP Inggris 2021 di Sirkuit Silverstone, (Sumber: MOTOGP.COM)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Situasi sulit kembali dialami Repsol Honda ketika sang pembalap andalan, Marc Marquez, harus kembali menepi karena cedera.

Awalnya disebut gegar otak karena kecelakaan saat latihan, Marc Marquez kembali menderita penglihatan ganda, alias diplopia, yang pernah dialaminya pada 2011.

Cedera Marc Marquez membuatnya harus melewatkan dua sesi balapan terakhir MotoGP 2021, tepat setelah dia mencatat dua kemenangan beruntun.

Si Semut dari Cervera juga tidak akan tampil pada tes pramusim yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 18-19 November 2021.

Baca Juga: Peramal MotoGP Sebut Repsol Honda Harus Segera Cari Pengganti Marquez

Kehilangan amunisi andalan dalam persiapan menghadapi kompetisi musim depan bukan kabar baik bagi Repsol Honda.

Alberto Puig merasa timnya terpaksa bekerja "seadanya" karena kehilangan kesempatan untuk mengerjakan program pengujian secara maksimal.

"Tentu, tidak ada peluang [penampilan Marc Marquez] untuk sesi tes pramusim kali ini," kata Alberto Puig, dilansir dari Tuttomotoriweb via BolaSport, Rabu (17/11/2021).

Marc Marquez dan Honda saat ini hanya bisa menunggu perkembangan kondisi penglihatan sang pembalap sebelum mengambil keputusan lebih lanjut.

"Sayangnya hal-hal ini terjadi, dan ketika seperti ini kondisinya, tidak ada yang bisa kami lakukan sebagai pabrikan selain menunggu," ucap Alberto Puig.

"Dan itulah yang akan kami lakukan," sambungnya.

Honda sebenarnya sudah membuat permulaan yang bagus.

Para pembalap merasakan kemajuan ketika menjajal purwarupa dari motor RC213V 2021 dalam tes tengah musim di Sirkuit Misano.

Kini, masukan untuk motor yang baru hanya bisa didapat Honda dari Pol Espargaro, Alex Marquez, Takaaki Nakagami, dan test rider Stefan Bradl.

Alberto Puig pun menegaskan bahwa Honda akan berjuang semaksimal mungkin dengan keterbatasan ini untuk menatap kejuaraan musim depan.

"Kami memahami nilai dari pembalap ini [Marc Marquez], potensinya, dan tidak ada yang harus kami coba jelaskan. Honda akan terus bekerja untuk menyambut musim depan."

"Ketika waktunya tiba dan kami sudah siap, kami akan memberikan motor yang menurut kami sintesis terbaik dari semua komponen dan informasi yang kami kumpulkan dari rider lain."

"Kami tidak akan melakukan sesuatu yang istimewa, tetapi kami akan menunggu sampai Marc kembali ke performanya. Harapannya ini akan terjadi dengan segera," tuturnya menjelaskan.

Baca Juga: Ahli Bedah Sebut Marc Marquez Tidak Bisa Sembuh



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x